Ke Gorontalo Utara Yuk, Ada Festival Pesona Saronde yang Meriah Banget

Ke Gorontalo Utara Yuk, Ada Festival Pesona Saronde yang Meriah Banget
Festival Pesona Saronde. Foto: Kemenpar

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung penuh berbagai kegiatan yang mempromosikan budaya lokal. Salah satunya adalah Festival Pesona Saronde di Pulau Ponelo, Gorontalo Utara.

Acara yang dihelat mulai Kamis (1/9) hingga Minggu (4/9) tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Gorontalo.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar Raseno Arya menyatakan, pihaknya terus berpartisipasi dalam pengembangan kegiatan kepariwisataan daerah.

Tujuannya ialah meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan masyarakat di wilayah sekitar dengan masuknya para wisatawan lokal maupun mancanegara. ’’Acara ini ikut dimeriahkan dengan banyaknya kegiatan perlombaan,’’ ujarnya.

Perlombaan tersebut, sambung Raseno, antara lain, reli perahu tradisional dan perahu hias. Selain itu, akan dipromosikan kuliner khas Gorontalo seperti sate tuna dan ikan bilendango.

Ada juga kegiatan tari saronde, bela diri langga, hingga mempromosikan baju adat biliu. Raseno menambahkan, destinasi wilayah Sulawesi, Kepulauan Saronde, yang masuk wilayah Gorontalo Utara itu sangat indah.

Jadi, tempat tersebut layak dipromosikan agar kekayaan budaya di daerah itu bisa dinikmati semua lapisan masyarakat. Saronde merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan di Kabupaten Gorontalo Utara.

Nah, Kepulauan Saronde menjadi destinasi dunia. Di kepulauan tersebut, terdapat beberapa gugusan pulau kecil yang mengelilingi dan menjadikan kawasan hopping island terpopuler di Gorontalo.

JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung penuh berbagai kegiatan yang mempromosikan budaya lokal. Salah satunya adalah Festival

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News