Duaaarr! Uji Coba Roket SpaceX Malah Meledak

Duaaarr! Uji Coba Roket SpaceX Malah Meledak
Roket Falcon 9 dari SpaceX yang meledak. Foto: LAtimes

MIAMI - Roket Falcon 9 dari SpaceX tiba-tiba meledak di landasan pacu Cape Canaveral, Brevard County, Negara Bagian Florida, Amerika Serikat (AS), kemarin. Ledakan di tengah persiapan uji coba itu membuat roket hancur. Satelit komunikasi milik Israel yang sedianya akan diusung Falcon 9 juga rusak akibat ledakan.

"Asap hitam pekat menyelimuti landasan pacu setelah ledakan terjadi sekitar pukul 09.00 waktu setempat (sekitar 20.00 WIB)," terang NASA dalam pernyataan tertulis.

Beberapa stasiun televisi juga menayangkan situasi landasan pacu sesaat setelah ledakan. Asap hitam memang terlihat di sana. Tetapi, NASA menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Dalam keterangan resminya, SpaceX mengakui bahwa roketnya meledak. Namun, mereka belum mengetahui secara pasti penyebab ledakan itu. Kemarin, tak lama setelah kejadian, api langsung bisa dipadamkan.

Landasan pacu pun bersih dari serpihan roket dan satelit. Insiden tersebut diduga bakal mengubah jadwal uji coba peluncuran satelit komunikasi Israel yang sedianya melesat besok (3/9).

Saking kerasnya ledakan roket itu, warga yang tinggal di permukiman sekitar Cape Canaveral sempat panik. Mereka mengaku merasakan getaran ledakan tersebut. Dari kediaman mereka, warga juga bisa melihat asap hitam yang sangat pekat di sekitar landasan.

 "Warga tidak perlu khawatir, ledakan itu tidak membahayakan keselamatan publik," terang Brevard County Emergency Management Office lewat Twitter.

SpaceX yang sengaja diciptakan sebagai alternatif selain NASA bagi masyarakat memang sedang giat menjajal roket-roket mereka. Perusahaan swasta itu menawarkan layanan yang lebih murah kepada publik dengan memanfaatkan roket bekas.

Selama ini, tiap kali peluncuran satelit atau kargo ke luar angkasa, NASA selalu menggunakan roket baru. Roket selalu hanya dipakai satu kali. (AFP/Reuters/BBC/hep/c20/any/flo/jpnn)

 


MIAMI - Roket Falcon 9 dari SpaceX tiba-tiba meledak di landasan pacu Cape Canaveral, Brevard County, Negara Bagian Florida, Amerika Serikat (AS),


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News