168 WNI dari Filipina Akan Tiba Besok di Indonesia

168 WNI dari Filipina Akan Tiba Besok di Indonesia
Calon jemaah haji. Foto: dok. Jawapos.com

jpnn.com - MANILA—Otoritas Filipina akhirnya memberikan clearance untuk 168 WNI dideportasi dan kembali ke Indonesia. Clearance tersebut diberikan setelah dilakukan berbagai upaya oleh KBRI, termasuk dengan menyampaikan suplementary guarantee letter. 168 WNI itu adalah calon jemaah haji asal Indonesia yang bermasalah karena memakai kuota dari Filipina.

 “Kemlu akan pulangkan 168 WNI tersebut dengan pesawat khusus (Air Asia) pada Minggu (4/9),” ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal dalam siaran pers, Sabtu.

Duta Besar RI di Manila didampingi tim Kemlu akan langsung mendampingi para WNI dalam penerbangan tersebut. Pesawat akan terbang dari Manila ke Jakarta melalui Makassar. Sebanyak 100 penumpang yang berasal dari Sulawesi akan diserahterimakan kepada Pemda Sulawesi Selatan di Bandara Hassanudin.

Sementara sisanya sebanyak 68 penumpang akan diserahterimakan Duta Besar RI untuk Filipina kepada pemda masing-masing di Bandara Soetta.

“Mereka berasal dari Jatim, Jateng, Jabar, Kaltim, DKI,  Banten, Kaltara, Kepulauan Riau dan Sumatera Utara,” imbuh Iqbal.

Acara serah terima dari dubes kepada pemda di Bandara Soetta di Ruang VIP Terminal I sekitar pukul 13.30, Minggu besok. (flo/jpnn)

 


MANILA—Otoritas Filipina akhirnya memberikan clearance untuk 168 WNI dideportasi dan kembali ke Indonesia. Clearance tersebut diberikan setelah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News