FSGI Ungkap Kejanggalan Pemberian Nilai Nol Siswi SMAN 4 Bandung

FSGI Ungkap Kejanggalan Pemberian Nilai Nol Siswi SMAN 4 Bandung
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Seorang siswi SMAN 4 Bandung, Dvijatma Puspita Rahmani diberikan nilai nol di rapor untuk mata pelajaran Matematika dan 38 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Hal ini mengakibatkan Puspita tidak naik kelas. Namun, ada kejanggalan di balik ‎pemberian nilai tersebut. Sebab, Puspita tidak diberikan kesempatan untuk mengikuti ulangan dan tugas susulan.

Awalnya‎, Puspita menderita sakit mata yang membuatnya tidak bisa masuk sekolah selama dua minggu.‎ Setelah sembuh, ia disuruh mengikuti Olimpiade Biologi oleh pihak sekolah.

Untuk Olimpiade Biologi, Puspita harus menjalani pelatihan selama satu minggu. Imbas sakit dan Olimpiade Biologi, maka ia tertinggal pelajaran di kelas.

Menanggapi hal itu, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia Retno Listyarti mengatakan, ‎guru tidak memahami penerapan Kurikulum 2013.

Di mana, penilaian rapor adalah nilai semester ganjil dan genap diakumulasi. Sehingga, tidak mungkin siswa memperoleh nilai nol di rapor‎.

Selain itu, hak anak tidak dipenuhi oleh guru‎.

"‎Di Kurikulum 2013 ada hak remedial, ulangan susulan, tugas baru. Nah, proses ini tidak terjadi," kata Retno di LBH Jakarta, Minggu (4/9).

JAKARTA - Seorang siswi SMAN 4 Bandung, Dvijatma Puspita Rahmani diberikan nilai nol di rapor untuk mata pelajaran Matematika dan 38 untuk mata pelajaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News