Harapan DPR pada Timsel Komisioner KPU

Harapan DPR pada Timsel Komisioner KPU
Valina Singka Subekti. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR, Almuzammil Yusuf berharap tim seleksi (Timsel) nantinya bisa memilih yang terbaik para calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Jika yang dipilih terbaik, maka proses uji kelayakan dan kepatutan di DPR akan lancar-lancar saja.

"Kalau Timsel memilih para calon komisioner KPU yang terbaik dan itu dikirim ke DPR, maka proses fit and proper test tidak akan rumit dan itu akan memengaruhi kualitas KPU yang akan datang," kata Almuzammil di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (6/9).

Kalau hasil seleksi pertama diragukan kualitasnya, lanjut dia, maka seleksi di DPR akan lebih berat lagi. 

Bahkan, ujarnya, fraksi-fraksi di DPR bisa memilih calon yang punya hubungan dekat dengan masing-masing fraksi.

"Kualitas belum tentu jadi ukuran. Jadi kita berharap betul kepada kualitas seleksi pertama oleh Timsel. Itu sangat tergantung dari kenegarawanan anggota Timsel," ujarnya.

Karena itu, politikus PKS ini sangat berharap agar semua anggota Timsel calon komisioner KPU memang hadir untuk memilih para calon yang terbaik dari yang baik.

"Akan lebih bagus lagi kalau semua proses di Timsel dipantau langsung oleh publik sehingga publik tahu kualitas seleksi mereka," sarannya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR, Almuzammil Yusuf berharap tim seleksi (Timsel) nantinya bisa memilih yang terbaik para calon komisioner Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News