Telkom Bangun Kabel Optik Menuju Eropa Barat

Telkom Bangun Kabel Optik Menuju Eropa Barat
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos.Com

jpnn.com - JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menunjuk NEC Corporation asal Jepang untuk membangun jaringan kabel optik bawah laut menuju kawasan Eropa Barat.

Itu merupakan salah satu upaya Telkom menjadi international hub infrastruktur telekomunikasi. Terutama untuk kawasan Asia Tenggara ke negara Barat.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo menyatakan, proyek pengembangan sistem kabel gateway global Indonesia (Indonesia Global Gateway Cable System /IGG) terus dijalankan.

Pada 2018, proyek jaringan Indonesia ke Eropa Barat setidaknya selesai dengan landing point (titik ujung) di Dumai, Riau.

’’IGG ini kita bangun dan saat ini sudah proses. Nanti, (IGG, Red) dimulai dari Indonesia ke Eropa Barat dan terkoneksi dengan kabel laut dari Indonesia ke AS yang melalui Guam, terus ke LA (Los Angeles, Red),’’ katanya kepada Jawa Pos kemarin (8/9).

Landing point untuk kabel bawah laut Indonesia–AS berada di Manado. Nanti, dua jalur berbeda tersebut saling terhubung untuk mendukung traffic data di Indonesia secara domestik.

Secara internasional, dua jalur itu juga bisa membawa traffic data dari kawasan Asia Tenggara ke negara Barat atau sebaliknya.

’’Sehingga kita nanti punya program untuk menjadi international hub. Dengan positioning yang strategis tersebut, Telkom akan punya peran yang signifikan. Sebab, Asia Tenggara termasuk wilayah yang strategis di pasar internasional,’’ ungkap Arif.

JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menunjuk NEC Corporation asal Jepang untuk membangun jaringan kabel optik bawah laut menuju

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News