Ayo ke Wakatobi, Ada Festival Barata Kaledupa 17-24 September Nanti

Ayo ke Wakatobi, Ada Festival Barata Kaledupa 17-24 September Nanti
Foto/ilustrasi: Kemenpar

jpnn.com - JAKARTA - Salah satu destinasi unggulan Indonesia, Wakatobi bakal menggelar Festival Barata Kaledupa 2016 pada 17-24 September 2016. Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya mengatakan, festival itu akan dipusatkan di Pulau Kaledupa.

”Festival ini merupakan perhelatan budaya akbar yang akan menampilkan kesenian tradisional berupa tarian dan permainan rakyat, serta pameran kuliner maupun produk lokal tenun dan kerajinan,” ujar Raseno.

Festival Barata Kaledupa merupakan bagian dari rangkaian festival tahunan yang biasa dikenal dengan istilah Wakatobi WAVE (Wonderful Festival and Expo) setiap bulan November di Pulau Wangi-Wangi. Wakatobi merupakan nama yang diambil dari 4 pulau besar, yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Bupati Wakatobi Arhawi mengatakan, inti dari festival tu adalah Karia. Dalam bahasa lokal, Karia berarti kemeriahan.

Arhawi menjelaskan Karia di Wakatobi digelar sekali dalam setahun. Acara itu  diadakan untuk merayakan berbagai peristiwa penting dalam kehidupan. Antara lain akikah untuk anak-anak, masa transisi dari remaja menjadi dewasa, hingga pernikahan.

Berbeda dengan event serupa sebelumnya, Karia pada festival ini akan menampilkan seluruh prosesi adat saat masa transisi dari remaja menuju masa dewasa secara lengkap. Karia akan diikuti oleh anak-anak serta remaja putra dan putri yang belum menikah dari seluruh penjuru Pulau Kaledupa.

Saat pendaftaran, peserta akan menyerahkan hasil bumi seperti jagung, umbi-umbian dan kelapa sesuai jumlah yang ditentukan oleh lembaga adat (Sara) setempat. Hasil bumi tersebut akan digunakan untuk penjamuan selama acara.

Arhawi menambahkan, puncak festival adalah prosesi henauka nu mo'ane yang akan digelar pada 17 September dan henauka nu wowine pada 18 September 2016. Saat henauka nu mo'ane, penyelenggara dan peserta putra akan diarak dari masjid menuju tempat karia.

JAKARTA - Salah satu destinasi unggulan Indonesia, Wakatobi bakal menggelar Festival Barata Kaledupa 2016 pada 17-24 September 2016. Asdep Pengembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News