Kasus Kekerasan Terhadap Anak Sangat Tinggi, Nih Datanya

Kasus Kekerasan Terhadap Anak Sangat Tinggi, Nih Datanya
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BALIKPAPAN – Kasus kekekerasan terhadap anak di Balikpapan sangat tinggi. Hal itu terungkap dari data yang dimiliki Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Balikpapan.

BPMPPKB Balikpapan mencatat pada 2013 terdapat sebelas kasus kekerasan anak. Setahun kemudian, meningkat menjadi 35 kasus. Pada 2015 melonjak tajam menjadi 88 kasus.

Tahun ini hingga semester pertama, terdapat 69 kasus. Jumlah kasus kekerasan pada anak pada 2016 berpotensi meningkat mengingat masih ada empat bulan ke depan.

Kepala BPMPPKB Balikpapan Sri Wahyuningsih mengatakan, kasus kekerasan di Balikpapan memang tinggi. Bahkan diduga masih banyak korban yang belum melapor. Diibaratkan seperti fenomena gunung es.

Menurutnya, dulu minim tempat pengaduan dan perlindungan. Jadi, sedikit korban yang terdeteksi.

Namun, semenjak Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) berdiri 2012, maka korban kekerasan berbondong-bondong melapor. “Jadi, peningkatan kasus kekerasan anak itu wajar,” kata Sri ditemui Kaltim Post di kantornya, Kamis (8/9).

Sri menjelaskan, P2TP2A adalah program Pemkot Balikpapan untuk memberi perlindungan kepada kekerasan anak dan perempuan. Di P2TP2A tersedia tim konseling yang ditangani langsung oleh ahli psikologi untuk membantu menghilangkan trauma korban.

Ada pula tim advokat untuk membantu proses hukum korban dan ada juga kerohaniwan untuk menjaga nilai-nilai moral korban.

BALIKPAPAN – Kasus kekekerasan terhadap anak di Balikpapan sangat tinggi. Hal itu terungkap dari data yang dimiliki Badan Pemberdayaan Masyarakat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News