Pianis Bule Ramaikan Pesona Bali Open Piano Competition 2016

Pianis Bule Ramaikan Pesona Bali Open Piano Competition 2016
Arief Yahya. Foto: JPNN

jpnn.com - DENPASAR – Bali bukan hanya destinasi wisata budaya dan alam. Ada magnet baru di Pulau Seribu Pura itu, yakni Pesona Bali Open Piano Competition 2016, yang bakal digulirkan 10-11 September 2016 ini.

Persisnya di Harris Hotel & Residendes Sunset Road Kuta Bali. “Kali ini kami pilih Bali sebagai tempat penyelenggaraan, sekaligus mempromosikan destinasi utama Pariwisata,” kata Eleonora Aprilita S, Ketua Panpel dari Opus Nusantara, di Denpasar.

Menurut Nora, kompetisi piano dari kelompok usia 7-18 tahun ini biasanya diantar oleh seluruh keluarga dan sanak family sebagai supporter. Satu peserta itu, bisa membawa 5-10 keluarganya.

Karena itu, dari pengalaman 15 kali membuat event piano dan violin, selalu heboh dan dengan audience keluarga. “Karena di Bali, maka peserta mancanegara pun ada yang partisipasi. Mereka dari Jerman, Australia, Korea dan China,” jelasnya.

Selama ini, lanjut dia, peserta kompetisi itu pasti orang-orang dengan latar belakang ekonomi yang kuat. Karena piano, memang biasa dimainkan oleh orang yang memiliki alat musik yang harganya ratusan juta itu.

“Target peserta 160 kontestan, dan pendaftarnya membludak, sehingga terpaksa banyak yang terpaksa tidak boleh ikut, karena kapasitas sudah penuh. Mereka datang dari Jakarta, Bali Bandung, Jogja Semarang, Surabaya, Medan dan kota-kota besar lainnya,” ungkap Nora.

Bali punya magnet dengan music tradisional. Piano juga punya magnet, bagi mereka yang berasal dari Eropa, tempat lahirnya music klasik ini. Jika dipromosikan lebih lama, karena harus menghafal partitur minimal tiga bulan, kompetisi ini hampir pasti bakal meledak.

‘’Venue Bali sendiri ternyata mempunyai daya tarik bagi peserta. Peserta sangat antusias mengikuti kompetisi ini ada di destinasi wisata. Mereka jauh-jauh hari sudah booking kamar hotel, sekaligus berwisata kelurga,’’kata Eleonora dari Opus Nusantara itu. Karena itu, pihaknya menggandeng Kemenpar untuk bersama-sama mem-branding kompetisi piano ini.

DENPASAR – Bali bukan hanya destinasi wisata budaya dan alam. Ada magnet baru di Pulau Seribu Pura itu, yakni Pesona Bali Open Piano Competition

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News