Ini Resep dari Ridwan Kamil untuk Calon Kada asal PDIP

Ini Resep dari Ridwan Kamil untuk Calon Kada asal PDIP
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri) bersama Kepala Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada PDIP, Bambang DH di Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP di Depok, Jawa Barat, Sabtu (10/9). Foto: Humas DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - DEPOK - Sekolah sekolah partai bagi calon kepala daerah asal PDI Perjuangan yang sedang berlangsung di Depok, Jawa Barat menghadirkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai pemateri.

Emil -sapaab akrabnya- membagi resep cara menyusun program pembangunan sekaligus mengikis korupsi berdasarkan pengalamannya memimpin ibu kota Jawa Barat itu.

Emil mengatakan, sangat penting melibatkan publik untuk menyusun program pembangunan. Hal itu bukan semata-mata menentukan agar program yang benar-benar berguna, tetapi juga cerminan kegotongroyongan.

"Jangan pernah meremehkan gagasan publik. Libatkan masyarakat dalam membangun," katanya di depan 54 calon kada asal PDIP di Wisma Kinasih, Depok, Sabtu (10/9).

Menurut Emil, pelibatan masyarakat juga untuk memunculkan jiwa kerelawanan yang menjadi modal penting dalam gotong royong. Pelibatan masyarakat tidak hanya dalam menggagas program pembangunan, tetapi juga pengawasan atas realisasinya.

"Dengan kerelawanan  masyarakat, tata kelola pemerintahan menjadi lebih baik karena mereka juga melakukan pengawasan yang langsung dilaporkan ke saya," katanya.

Lebih lanjut Emil juga mengingatkan pentingnya penggunaan informas teknologi (IT). Ia telah melalukannya di Bandung melaluu program smart city.

Dengan smart city yang berbasis IT, katanya, ada efisiensi dalam penggunaan dana di APBD Bandung hingga Rp 1 triliun.

DEPOK - Sekolah sekolah partai bagi calon kepala daerah asal PDI Perjuangan yang sedang berlangsung di Depok, Jawa Barat menghadirkan Wali Kota Bandung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News