Duh…Hutan Taman Nasional Baluran Kok Bisa Terbakar

Duh…Hutan Taman Nasional Baluran Kok Bisa Terbakar
Kawasan hutan di Baluran yang terbakar ganggu lalu lintas. Foto: JPG/pojokpitu

jpnn.com - BALURAN—Kawasan hutan di Taman Nasional Baluran Situbondo dilalap api. Tiupan angin , membuat api terus membesar dan merembet ke dalam hutan. Saat ini api terus berkobar di Hutan Jati Baluran Wilayah Kesatuan Pemangku Hutan, Kecamatan Banyu Putih, Situbondo. Api terus merembet dengan cepat karena ada dahan pohon jati maupun ranting yang kondisinya sudah mengering.

Kebakaran merembet di pinggir jalan pantura , akibatnya mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang melintas. Jarak pandang para pengguna jalan terganggu akibat asap tebal menutupi jalan raya .

Tak hanya itu, kebakaran juga mengancam nyawa satwa di Taman Nasional Baluran.  Warga setempat tidak tahu awal mulanya api datang. Namun, diduga api bermula dari warga setempat yang sembarangan membuang puntung rokok di hutan. Daun pohon jati mengering menjadi pemicu kebakaran hutan.

Dari catatan BPBD setempat , kebakaran Hutan Jati Baluran yang terjadi sejak sepekan telah membakar sekitar 50 hektare lebih hutan jati tersebut.(end/flo/jpnn)

 


BALURAN—Kawasan hutan di Taman Nasional Baluran Situbondo dilalap api. Tiupan angin , membuat api terus membesar dan merembet ke dalam hutan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News