Gunong Kulu Longsor, Ratusan Kendaraan Pemudik Terjebak Macet

Gunong Kulu Longsor, Ratusan Kendaraan Pemudik Terjebak Macet
ilustrasi. Foto: dok. JPNN

jpnn.com - ACEH BESAR - Ratusan kendaraan roda dua dan mobil terjebak macet akibat tanah longsor di Pegunungan Kulu, Kilometer 42, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Aceh. Warga dan pemudik terpaksa harus menunggu petugas dan relawan membersihkan jalan.

Syarifuddin, warga Gunong Kulu mengatakan, longsor terjadi tiba-tiba, sebuah batu besar bergelinding hingga menutup seluruh badan jalan. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat (9/9). Untungnya, tidak ada pengguna jalan yang melintas. Hingga kemarin sore, tidak ada laporan korban jiwa.

“Saya sedang jualan, sekitar 100 meter dari jatuh batuan itu. Saya melihat secara langsung batu itu jatuh, lalu kami minggir dan menjauh,” sebutnya seperti diberitakan Rakyat Aceh (Jawa Pos Group) hari ini (12/9).

Melihat peristiwa tersebut, ia langsung melaporkan ke warga lainnya. Sejam kemudian, aparat kepolisian, BPBA, TNI dan warga setempat ke lokasi memasang tanda pembatas.

“Kemudian tak lama kemudian datang warga ke lokasi untuk membuka jalan, tapi hanya kendaraan roda dua yang bisa melewati,”katanya.    

Menurut Kepala Desa Paro, Jakpar lokasi tersebut memang sering longsor, namun hanya bebatuan kecil yang menimbun jalan. Ia menyebutkan, seluruh kepala desa telah meminta pemerintah setempat untuk memasang penahan agar batu tidak jatuh.

“Kita sudah ajukan permohonan agar memasang penahan batu dikawasan ini, karena tanah di sini sudah gembur, namun hingga dengan saat ini belum terpenuhi, makanya kejadian terulang lagi,” katanya. 

Sementara itu Konsultan Supervisi Pengawasan Badan Jalan lintas Nasional Banda Aceh Melaboh, Sukirman menyatakan batu yang jatuh sekitar puluhan ton, untuk membersihkannya dibutuhkan waktu selama satu minggu, namun pihaknya berusaha untuk membuka jalur darurat untuk bisa dilintasi mobil kecil. 

ACEH BESAR - Ratusan kendaraan roda dua dan mobil terjebak macet akibat tanah longsor di Pegunungan Kulu, Kilometer 42, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News