Pernah Ditawarkan ke Jokowi, Sapi Jumbo Ini Laku Rp 150 Juta

Pernah Ditawarkan ke Jokowi, Sapi Jumbo Ini Laku Rp 150 Juta
Si Cakrak, sapi lomusin milik Sunarwan, warga Karanganyar, Jawa Tengah yang laku terjual Rp 150 juta. Foto: Radar Semarang/JPG

jpnn.com - KARANGANYAR – Peringatan Hari Raya Iduladha kali ini menjadi berkah tersendiri bagi warga Karanganyar, Jawa Tengah berna,a Sunarwan (45). Penduduk Dusun Gulunan RT 2/RW 2, Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang itu menjual seekor sapinya dengan harga Rp 150 juta.

Sapi yang dijual Sunarwan memang bukan sembarangan. Beratnya 1,6 ton dan dikebal dengan sebutan sapi limusin, adaptasi dari sedan limousine yang berbodi panjang.

Sunarwan mengatakan, tahun lalu sapinya yang bernama Si Cakrak pernah ditawarkan ke Presiden Joko Widodo. Namun, Cakrak akhirnya laku setelah dibeli oleh warga Tegal bernama Muhammad Salafudin (39).

Salafudin mau merogoh kocek Rp 150 juta untuk membeli Cakrak. Menurut Sunarwan, sapinya memang istimewa.  ”Selama saya pelihara sudah menjuarai berbagai perlombaan,” katanya.

Cakrak pernah menjadi juara pertama kontes dan lomba ternak sapi kategori non-PO (peranakan ongole) se-Provinsi Jawa Tengah-DIY yang digelar di Klaten pada November 2014. Saat itu, berat ”Si Cakrak” yang memasuki umur 2,5 tahun mencapai 1,5 ton.

Sebenarnya ada dua sapi yang ditawarkan untuk dijual sebagai hewan kurban. Selain ”Si Cakrak”, ada satu sapi lagi yang diberi nama ”Jazen” yang sama-sama berjenis limusin.

”Saya beli saat umur enam bulan. Kemudian saya rawat selama empat tahun. Hasilnya bisa juara satu,” tuturnya.

Soal makanan untuk Si Cakrak, Sunarwan hanya mengaku menyediakan rumput kolonjono. Namun, ada juga suplemen tambahan dan konsentrat. Untuk menjaga stamina, Si Cakrak dalam tiga hari sekali diberi air yang dicampur gula jawa.

KARANGANYAR – Peringatan Hari Raya Iduladha kali ini menjadi berkah tersendiri bagi warga Karanganyar, Jawa Tengah berna,a Sunarwan (45). Penduduk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News