Mekarnya Tren Busana Muslim di Australia

Mekarnya Tren Busana Muslim di Australia
Mekarnya Tren Busana Muslim di Australia
Mekarnya Tren Busana Muslim di Australia

Foto Mecca Laalaa Hadid terpampang di tengah ruangan National Archives of Australia di Canberra, ACT, Australia, tempat pameran bertajuk “Faith Fashion Fushion” digelar sejak akhir Mei 2016.

Dalam foto itu, dia berdiri di atas pasir dengan busana renang tertutup atau biasa disebut burkini berwarna merah dan kuning, sementara sejumlah laki-laki dan perempuan berdiri berjejer di belakangnya dengan kostum sewarna.

Saat itu, bersama para remaja keturunan kulit putih, dan Timur Tengah, yang sebagian besar berprofesi sebagai penjaga pantai, Mecca sedang terlibat dalam kampanye “On The Same Wave” yang dilakukan sebagai respons atas kerusuhan di Cronulla pada tahun 2005.

Mecca dipilih sebagai profil perempuan Muslim yang diangkat dalam pameran yang digelar dari akhir Mei hingga awal September lalu itu karena sosoknya yang inspiratif, baik sebagai pejuang kemanusiaan maupun sebagai perempuan Muslim.

Dari keterangan yang terpampang di pameran itu, Mecca dikenal sebagai Health Promotion Officer di Live Life Well @ Schools dan proyek Munch and Move, bagian dari program NSW Healthy Children Initiative.

“Dikenal karena jiwa petualangannya, Mecca menjadi perempuan muslim pertama yang terlatih sebagai petugas penjaga pantai pada tahun 2006 dan dalam prosesnya terlibat membangun pemahaman antara komunitas setelah kerusuhan Cronulla pada tahun 2005,” demikian tertulis.

Mekarnya Tren Busana Muslim di Australia
Foto dan profil Mecca Laalaa Hadid dalam pameran bertajuk “Faith Fashion Fushion”. (Foto: KOMPAS.com/Caroline Damanik)

Selama bertugas dan berkampanye, fotonya saat mengenakan burkini dimuat di berbagai media dan mencuri perhatian dunia. Di tengah profesinya yang biasanya didominasi para petugas dengan pakaian pantai ala bikini, dia menghidupi imannya dengan menggunakan pakaian renang yang santun.

Kurator Glynis Jones yang menggelar pameran ini mengatakan, burkini menjadi salah satu contoh kemajuan dalam tren busana Muslim, atau biasa disebut busana santun, yang sedang berkembang di Australia. Dari orang-orang seperti Mecca, Glynis lalu tertarik karena melihat bahwa ajaran agama berpengaruh pada aspek kehidupan perempuan Muslim, termasuk soal berbusana.

Foto Mecca Laalaa Hadid terpampang di tengah ruangan National Archives of Australia di Canberra, ACT, Australia, tempat pameran bertajuk “Faith

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News