Luar Biasa…Syria Hening Sejenak dari Perang

Luar Biasa…Syria Hening Sejenak dari Perang
Korban perang di Syria. Foto: dok.AFP

DAMASKUS - Gencatan senjata sedang berlangsung di Syria saat ini. Sesuai kesepakatan Amerika Serikat (AS) dan Rusia pekan lalu, segala bentuk pertempuran harus dihentikan di seluruh penjuru republik tepi Laut Mediterania mulai kemarin petang (12/9).

Jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, Syria memang lebih hening kemarin. Bahkan, sebelum gencatan senjata berlaku. Itu disebabkan sebagian besar penduduk negeri yang tercabik perang tersebut merayakan Idul Adha alias Hari Raya Kurban.

"Gencatan senjata pertama mulai berlaku selama 48 jam sejak pukul 19.00 waktu setempat. Selanjutnya, jika gencatan senjata pertama itu sukses, gencatan senjata berikutnya akan langsung berlaku selama 48 jam lagi," terang Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

 Seiring berlakunya gencatan senjata itu, seluruh misi sosial dan kemanusiaan juga mulai berjalan di Syria.

Dalam pidato Idul Adha di Kota Daraya, Provinsi Rif Dimashq, Presiden Bashar Al Assad menyatakan dukungannya terhadap gencatan senjata.

 Tapi, dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan kembali prinsipnya untuk menyatukan Syria di bawah kendali pemerintah. Tidak seperti sekarang yang terbagi menjadi wilayah pro-pemerintah dan wilayah pro-pemberontak.

"Saya bersama segenap jajaran pemerintah menyampaikan pesan bahwa kami telah membulatkan tekad untuk merebut kembali setiap inci tanah Syria dari tangan teroris. Kami juga akan mewujudkan kembali perdamaian dan stabilitas di negeri ini seperti masa lalu," pungkasnya. (AFP/Reuters/aljazeera/hep/c6/any/flo/jpnn)


DAMASKUS - Gencatan senjata sedang berlangsung di Syria saat ini. Sesuai kesepakatan Amerika Serikat (AS) dan Rusia pekan lalu, segala bentuk pertempuran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News