Yuk ke Lombok, Sebentar Lagi Ada Festival Senggigi

Yuk ke Lombok, Sebentar Lagi Ada Festival Senggigi
Pantai Sengigi di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Foto: Lombok Post/JPG

jpnn.com - JAKARTA - Lombok yang kini menyandang label destinasi wisata kelas dunia terus berinovasi dalam hal atraksi untuk kenarik wisatawan mancanegara maupun domestik. Rencananya, daerah di sebelah timur Pulau Bali itu akan menggelar Festival Senggigi 2016 pada 16-19 September mendatang.

”Ini acaranya sangat menarik dan indah sekali. Festival ini merupakan agenda tahunan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan akan berlangsung sepekan penuh di wilayah Pantai Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Provinsi Nusa Tenggara Barat,” ujar Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya.

Lebih lanjut Raseno mengatakan, perhelatan Festival Senggigi digelar sebagai upaya mempromosikan pariwisata Kabupaten Lombok Barat dengan mengajak wisatawan melihat dan menikmati aneka kegiatan bernuasa seni budaya, edukasi, dan juga pameran hasil industri kerajinan lokal. Misalnya, aneka tenun, ukiran, serta kerajinan tangan lainnya.

Raseno memaparkan, beberapa kegiatan budaya dalam ajang Festival Senggigi yang sayang dilewatkan di antaranya adalah pawai ogoh-ogoh, malean sampi, gendang beleq, serta atraksi peresean. Pawai ogoh-ogoh biasanya rutin digelar menjelang peringatan Tahun Baru Saka 1730 (Hari Raya Nyepi) dan malean sampi berupa upacara tradisional petani atau peternak sapi.

Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Festival Senggigi 2016 tidak hanya menonjolkan kebudayaan lokal. “Acara ini juga mengambil lokasi indah di Pantai Senggigi yang diharapkan bisa menarik wisatawan nusantara dan mancanegara menikmati suasana dan keindahan alamnya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid menambahkan, para traveler domestik ataupun luar negeri tak usah meragukan keeksotisan Pulau Lombok. Menurutnya, akan ada banyak atraksi dalam Festival Senggigi 2016.

“Di festival ini akan ada rekor MURI dengan permainan Gendang Beleq di 100 sampan. Tahun ini kami juga coba gelar maraton internasional. Kami mengandalkan alam dan budaya," kata dia.

Indahnya alam dan budaya Lombok memberikan banyak potensi wisata. Luas wilayah Lombok Barat mencapai 1.050 km persegi, dan punya 193 km garis pantai yang kebanyakan berada di selatan."Bahkan Senggigi tidak ada apa-apanya dibandingkan pantai di wilayah selatan," kata Fauzan.

JAKARTA - Lombok yang kini menyandang label destinasi wisata kelas dunia terus berinovasi dalam hal atraksi untuk kenarik wisatawan mancanegara maupun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News