Jangan Lupa, Gorontalo Segera Gelar Festival Karawo

Jangan Lupa, Gorontalo Segera Gelar Festival Karawo
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menunjukkan sulam karawo. Foto: Pemprov Gorontalo

jpnn.com - GORONTALO - Pemerintah Provinsi Gorontalo pada 9-13 Oktober nanti akan menggelar Festival Budaya Karawo 2016. Festival yang akan digelar di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo itu akan menyuguhkan sejumlah kegiatan bertemakan Karawo, kain khas Gorontalo.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro  mengatakan, festival itu digelar bertepatan dengan Indonesia Midle East Update (IMEU). “Ini merupakan pertemuan saudagar, pengusaha, kedutaan negara Timur Tengah di Indonesia,” ujarnya.

Seperti diketahui, Gorontalo memang harus lebih cepat dari rata-rata pengembangan pariwisata di daerah lain. Pasalnya, Manado sudah semakin overload dengan wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok, dan sebentar lagi juga kedatangan turus Filipina.

Manado juga sudah pasti bakal menjadi hub city, atau kota konektor perhubungan udara di Indonesia utara. Karena itu, kota-kota sekitar seperti Gorontalo, Morotai, Sangihe, Ambon, Ternate, Tidore, bakal menjadi sasaran wisman berikutnya.

Tidak ada pilihan lain, Gorontalo pun harus bersiap-siap. Tahun ini Gorontalo sebagai tuan rumah IMEU sehingga pemerintah daerah setempat pun harus bekerja keras menyiapkan segala sesuatunya agar acara bisa digelar sebaik mungkin. “Ibarat sambil menyelam minum air, kegiatan IMEU itu kerja sama dengan Kementerian Luar Negri,” ujar Jamal.

Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Fahmi Ihsan menambahkan, pihaknya sudah mempersiapkan semua hal dengan matang untuk menyambut para tamu negara Timur Tengah tersebut. Termasuk menyiapkan hotelnya,  hingga membawa mereka menyaksikan atraksi yang dimiliki oleh Gorontalo.

”Kegiatan ini juga bertepatan dengan Festival Boelamo yang dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 12 Oktober 2016. Sesuai instruksi Pak Menteri Pariwisata Arief Yahya, kami juga sukses mengundang acara Dahsyat RCTI sebagai bagian dari promosi agar festival kami dikenal Indonesia, jadi tamu dari Timur Tengah itu bisa menyaksikan semua rangkaian acara,” kata Fahmi.

Untuk acara Fashion Karawo, pihak panitia pelaksana mendatangkan desainer kelas atas agar hasil desainnya tidak memalukan dan bisa mendunia. ”Kita akan undang Yurita Pudji Djadjang untuk mendesain karawo sesuai arahan pak Menteri (Arief Yahya, red), agar festival fashionnya juga mendunia,” ujarnya bangga.

GORONTALO - Pemerintah Provinsi Gorontalo pada 9-13 Oktober nanti akan menggelar Festival Budaya Karawo 2016. Festival yang akan digelar di Lapangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News