Capres dari Demokrat ini Tak Pingsan, Hanya Hilang Keseimbangan

Capres dari Demokrat ini Tak Pingsan, Hanya Hilang Keseimbangan
Hillary Clinton. Foto: AFP

WASHINGTON - Hillary Clinton memastikan dia tidak pingsan saat meninggalkan kegiatan Ground Zero Minggu pagi waktu setempat (11/9). Kepada CNN, calon presiden (capres) Demokrat tersebut menegaskan dia hanya nyaris pingsan. Senin waktu setempat (12/9), dia mengaku sudah jauh lebih sehat dan siap kembali bertarung melawan Donald trump, capres dari Republik.

''Saya merasa pusing dan kemudian kehilangan keseimbangan selama sekitar satu menit,'' kata Clinton tentang adegan yang terekam kamera amatir dan segera tersebar luas di dunia maya tersebut.

 Dalam rekaman itu, mantan first lady Amerika Serikat (AS) tersebut terlihat roboh. Dia lantas ditopang beberapa pengawal pribadinya.

Dua kaki Clinton terlihat kaku ketika para pengawal pribadi itu memapahnya menuju mobil. Itulah yang lantas membuat publik menduga perempuan 68 tahun tersebut pingsan.

 Sebab, kakinya tidak bergerak ketika menuju dan memasuki mobil. Tapi, dalam wawancara dengan CNN, Clinton membantah bahwa dirinya jatuh pingsan. Dia hanya ambruk karena terlalu kepanasan dan dehidrasi.

Akibat insiden tersebut, tim sukses Clinton terpaksa membatalkan beberapa rangkaian kampanyenya. Seharusnya, pada Senin dan Selasa ini, dia berkampanye di California. Esoknya, Clinton sedianya menjumpai massa Demokrat di Nevada.

Clinton harus sejenak meninggalkan podium dan panggung kampanye. Itu terjadi karena diagnosis Lisa Bardack tentang walking pneumonia yang dia idap terbukti serius.

Kali ini, dia harus mengikuti saran sang dokter pribadi untuk memulihkan kesehatannya. Pekan lalu Bardack juga sudah memintanya rehat. Tapi, Clinton mengabaikan nasihat itu sampai terjadi insiden nyaris pingsan tersebut.

''Saya tidak menyangka dampaknya akan serius seperti ini,'' kata Clinton yang tahu bahwa dirinya mengidap pneumonia ringan pada Jumat (9/9).

Saat Bardack menyarankannya beristirahat total, ibu satu putri itu tidak menyangka bahwa penyakit tersebut bisa membuatnya kehilangan keseimbangan dan nyaris kehilangan kesadaran seperti Minggu lalu.

Karena Clinton masih menjalani pemulihan, kampanye pilpres Demokrat berlanjut dengan menghadirkan tokoh lain.

Selasa lalu, Presiden Barack Obama berkampanye untuk Clinton di Kota Philadelphia, Negara Bagian Pennsylvania.

Hari ini, Bill yang menggantikan sang istri berkampanye di Kota Las Vegas, Clark County, Negara Bagian Nevada. Melalui jubirnya, Brian Fallon, Clinton menegaskan bahwa dirinya segera kembali berkampanye.

“Tunggu beberapa hari lagi,'' ujarnya ketika diwawancarai MSNBC. Y

WASHINGTON - Hillary Clinton memastikan dia tidak pingsan saat meninggalkan kegiatan Ground Zero Minggu pagi waktu setempat (11/9). Kepada CNN, calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News