Enak Banget! Lewati Banjir, Anggota Dewan Minta Digendong

Enak Banget! Lewati Banjir, Anggota Dewan Minta Digendong
Shunsuke Mutai, anggota dewan yang minta digendong. Foto: Asahi.com

jpnn.com - TOKYO – Nama Shunsuke Mutai mendadak menjadi sorotan. Penyebabnya, anggota parlemen Jepang itu ketahuan digendong saat mengunjungi area bencana di Iwaizumi akibat topan Lionrock Kamis (1/9).

Saat itu dia melewati ge­nangan air yang cukup lebar. Karena tak memakai sepatu bot, Mutai minta gendong agar tubuhnya tak basah semua.

Iwaizumi merupakan area terdampak topan Lionrock yang paling parah. Akibat sapuan topan tersebut, 19 orang tewas hanya di kawasan itu. Mutai dan rombongan datang untuk menaksir tingkat kerusakan di kota tersebut. Dia menjabat wakil ketua pansus rekonstruksi di parlemen Jepang.

Tampak dalam foto-foto dan siaran televisi yang beredar, sebagian besar rombongan sudah memakai sepatu bot. Sebagian lainnya masih memakai sepatu kerja, termasuk Mutai.

Saat ada genangan cukup lebar, Mutai akhirnya digendong salah seorang anggota rombongan. Padahal, yang tak pakai bot tetap bisa berjalan meski harus menyerong untuk menghindari genangan.

"Saya bisa kena masalah jika hal ini (dia digendong, Red) sampai tertangkap kamera," ujar legislator 60 tahun itu setelah diturunkan dari gendongan.

 Padahal, saat itu ada media yang ikut dalam rombongan. Salah satunya stasiun televisi swasta TBS yang menyiarkan kunjungan rombongan tersebut plus momen saat Mutai digendong.

Setelah dikritik banyak pihak, Mutai akhirnya menyatakan sangat menyesali perbuatannya. Kepala Menteri Kabinet Jepang Yoshihide Suga menganggap tindakan Mutai itu tidak pantas.

Seharusnya, sebagai salah seorang kepala tim investigasi, Mutai membawa serta sepatu bot dalam kunjungannya tersebut. (AFP/BBC/sha/c9/any/flo/jpnn)

 


TOKYO – Nama Shunsuke Mutai mendadak menjadi sorotan. Penyebabnya, anggota parlemen Jepang itu ketahuan digendong saat mengunjungi area bencana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News