AS Pamer Pesawat Pengebom di Langit Korea

AS Pamer Pesawat Pengebom di Langit Korea
Pesawat pengebom B-1B Lancers. Foto: GettyImages

SEOUL -  Amerika Serikat (AS) menerbangkan dua pesawat pengebom B-1B Lancers kemarin (13/9) di langit se­menanjung Korea. Tepatnya di wilayah udara Korea Selatan (Korsel) yang selama ini menjadi sekutunya. Negara Paman Sam itu memang berniat unjuk kekuatan terhadap Korea Utara (Korut) yang mengetes hulu ledak nuklirnya Jumat (9/9).

Pesawat supersonik tersebut terbang rendah di atas pangkalan angkatan udara Osan yang berjarak 64 kilometer dari Seoul dan 77 kilometer dari zona demiliterisasi (DMZ) yang menjadi perbatasan Korut-Korsel. Dua pesawat itu diikuti F-15 milik Korsel dan F-16 milik AS. Pesawat B-1B Lancers memiliki kemampuan membawa misil nuklir dan bom yang bisa menghancurkan bung­ker bawah tanah sekalipun.

Pesawat tersebut Agustus lalu diletakkan di pangkalan udara di Guam. Komando Pasifik AS menyebutnya sebagai Continuous Bomber Presence. Itu adalah kali pertama pesawat tersebut menjadi bagian dari pasukan pengebom di Pasifik dalam satu dekade ini.

"AS memiliki komitmen tak tergoyahkan untuk membela sekutu-sekutunya di wilayah ini dan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membela mereka. Termasuk di antaranya melakukan operasi seperti yang kami lakukan saat ini,'' ujar Komandan Pasukan AS di Korsel Jendral Vincent K. Brooks.

SEOUL -  Amerika Serikat (AS) menerbangkan dua pesawat pengebom B-1B Lancers kemarin (13/9) di langit se­menanjung Korea. Tepatnya di wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News