Jago Mengenkripsi Data? Ayo Jadi PNS Saja

Jago Mengenkripsi Data? Ayo Jadi PNS Saja
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ada kesempatan menarik bagi tamatan perguruan tinggi negeri (PTN) yang lulus dengan predikat cum laude. Kini, pemerintah menyiapkan formasi pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dikhususkan untuk menjaga keamanan data melalui informasi teknologi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengatakan, pemerintah saat ini gencar menerapkan e-government. Kebijakan itu pun memerlukan tenaga-tenaga yang jago di bidang enkripsi untuk menjaga kerahasiaan data.

"‎Pemerintah saat ini tengah gencar melaksanakan e-government. Ini perlu dibarengi dengan keamanan informasi dalam menjaga kerahasiaan data,” katanya, Kamis (15/9).

Lebih lanjut Asman mengatakan, pemerintah memang memerlukan lebih banyak PNS yang memiliki kemampuan di bidang enkripsi karena tenaga yang disediakan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) masih belum mencukupi. “Karena itu butuh PNS yang memiliki keahlian enkripsi. Lemsaneg punya itu, hanya jumlahnya masih kurang," tuturnya.

Asman menambahkan, SDM Lemsaneng yang menguasai bidang enkripsi harus diperbanyak. Itu sebabnya, pemerintah akan memberikan formasi CPNS bidang enkripsi‎ ini untuk memperkuat peran Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"Formasi‎ ini saya berikan kepada lulusan terbaik seluruh PTN di Indonesia. Saya yakin, CPNS dari lulusan yang cum laude akan mudah beradaptasi dan memajukan Lemsaneg," ucapnya.

Selain itu Asman mengatakan, keberadaan Lemsaneg semakin penting dalam  menjaga kerahasiaan data pemerintah. Terlebih, teknologi saat ini berkembang pesat dan penggunanya pun semakin banyak.

Namun, semakin tinggi teknologi kian besar ancaman yang dihadapi. ‎ "Negara harus mampu menghadirkan keamanan dan menjamin kerahasiaan negara dengan produk sendiri. Kita tidak boleh mengandalkan produk luar karena keamanan dan kerahasiaan negara tidak bisa terjamin," jelasnya.

JAKARTA - Ada kesempatan menarik bagi tamatan perguruan tinggi negeri (PTN) yang lulus dengan predikat cum laude. Kini, pemerintah menyiapkan formasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News