Hasto Bercerita Kedekatan Emosional PDIP dan Papua, Beginilah Kisahnya...

Hasto Bercerita Kedekatan Emosional PDIP dan Papua, Beginilah Kisahnya...
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (berbaju hitam) saat hadir pada acara Rakerdasus DPD PDIP Papua di Jayapura, Jumat (16/9). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAYAPURA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyatakan komitmen partainya tentang Papua. Menurutnya, perjalanan sejarah partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu punya  kaitan erat dengan Papua.

Berbicara pada pembukaan Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) DPD PDIP Papua di Jayapura, Jumat (16/9), Hasto mengatakan, Megawati ketika memperjuangkan demokrasi dan hendak memimpin PDI pada 1993 harus berhadapan dengan kekuasaan pemerintahan Orde Baru. Kala itu, Megawati yang mendapat dukungan dari arus bawah untuk memimpin PDI melalui kongres luar biasa (KLB) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, mendapat pengawalan dari para pemuda Papua.

“Para pemuda Papua menjaga Ibu Mega. Mereka menjadi benteng bagi Ibu Megawati. Di masa penuh ancaman, kader PDIP dari Papua melindungi Ibu Megawati,” ujar Hasto yang langsung disambut tepuk tangan kader-kader PDIP yang hadir pada rakerdasus itu.

Selain itu, kata Hasto, Proklamator RI Ir Soekarno juga meninggalkan pesan penting tentang Papua. Yakni pentingnya menjadikan masyarakat Indonesia adil, makmur dan tanpa penindasan.

Bung Karno ketika membebaskan Irian Barat -nama lain Papua- dari koloni Belanda berkeinginan menghilangkan penjajahan, sekaligus memanusiakan manusia dan menjadikan politik sebagai alat kuat membentuk peradaban. “Itulah mimpi besar Bung Karno untuk Indonesia Raya, termasuk Papua di dalamnya,” ucap Hasto.

Karenanya, kata Hasto, partainya punya perhatian khusus terhadap Papua. Dan komitmen PDIP terhadap Papua itu juga diperkuat oleh kebijakan Presiden Joko Widodo.

Melalui rakerdasus itu pula Hasto mengingatkan para calon kepala daerah dari PDIP yang akan maju pada pilkada di 10 kabupaten dan 1 kota di Papua pada 2017 mendatang bisa berkonsolidasi dan bergotong royong. Menurutnya, Rakerdasus DPD PDIP Papua itu merupakan momentum yang baik untuk meyatukan tekad untuk memenangkan pilkada dengan semangat gotong royong.

“Dengan kemenangan pilkada di Papua akan semakin memperkuat konsolidasi Pemerintahan Jokowi. Apalagi Pak Jokowi mempunyai komitmen dengan Papua,” tegasnya.

JAYAPURA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyatakan komitmen partainya tentang Papua. Menurutnya, perjalanan sejarah partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News