Sejarah! Uang Desain Baru Dirilis Berbarengan

Sejarah! Uang Desain Baru Dirilis Berbarengan
BI. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Sejarah akan tercipta terkait penerbitan uang rupiah. Untuk kali pertama, uang dengan desain baru itu bakal diterbitkan secara bersamaan untuk seluruh pecahan.

Tujuannya, menyesuaikan desain fisik dengan UU No Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Saat ini baru ada satu uang yang sesuai dengan amanat UU Mata Uang, yakni pecahan Rp 100 ribu. Salah satu ciri umum tersebut adalah memuat gambar lambang negara Garuda Pancasila.

Lalu, terdapat tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ditandatangani menteri keuangan bersama gubernur Bank Indonesia.

’’Lalu, ada tahun cetak dan tahun emisi (penerbitan, Red),’’ ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Suhaedi di gedung BI Jakarta kemarin (15/9).

Uang baru akan dirilis seiring dengan keluarnya Keputusan Presiden (Keppres) No 31/2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Indonesia.

Terdapat 12 pahlawan yang dipilih. Alat pembayaran baru itu nanti disebut uang NKRI karena gambar pahlawan yang dipilih merepresentasikan wilayah dari Sabang sampai Merauke.

’’Keppres memang salah satu proses awal bagi penerbitan uang baru oleh BI. Maka, ini kami jadikan momentum menerbitkan uang sekaligus agar sesuai dengan UU Mata Uang,’’ ungkapnya.

JAKARTA – Sejarah akan tercipta terkait penerbitan uang rupiah. Untuk kali pertama, uang dengan desain baru itu bakal diterbitkan secara bersamaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News