Festival Tani Nusantara Digelar di Lombok

Festival Tani Nusantara Digelar di Lombok
Festival Tani Nusantara Digelar di Lombok

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Tani Indonesia akan menggelar Festival Tani Nusantara di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai dari 23 sampai 25 September 2016.

Festival Tani Nusantara menurut ketua panitianya, Ade Rezki Pratama guna memberikan motivasi kepada kaula muda untuk kembali menjemput kejayaan Indonesia di sektor pertanian.

"Acara ini ditujukan untuk kembali mengedepankan pertanian sebagai salah satu wujud kedaulatan berbangsa dan bernegara. Pertanian bukan untuk dikeluh-kesahkan, tetapi untuk mengedepankan keunggulan hasil tani sebagai karya anak bangsa," kata Ade, kepada wartawan, di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Jumat (16/9).

Membangun pertanian lanjutnya, adalah tugas bersama. Mulai dari pemerintah dan parlemen dari pusat sampai ke pelosok daerah, pemuda, mahasiswa hingga tokoh masyarakat berkewajiban memberikan kontribusi untuk kemajuan pertanian di Indonesia.

"Kondisi sekarang, pemuda dan pemudi enggan jadi petani karena petani dicitrakan sebagai komunitas kurang mampu dan profesi kelas rendah," tegas wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatera Barat II itu.

Oleh karena itu ujar anggota Komisi V DPR itu, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sebagai induk dari Pemuda Tani Indonesia mendukung sepenuhnya festival tani ini.

"Di dalam festival, HKTI juga melaunching program 'Paddy Estate', sebuah program kemitraan antara pemerintah daerah, petani dengan investor untuk memberi nilai tambah kepada petani dengan membantu mengolah dan menjual hasil panen tidak dalam bentuk gabah tapi beras sehingga petani bisa menikmati nilai tambah," ungkapnya.

Selain itu kata Ade, juga digelar "Investor Gathering" di mana semua potensi investasi di bidang pertanian dan sektor lainnya di Lombok Tengah dan NTB dipublikasikan ke dunia internasional dalam rangka membangun kemandirian daerah.

JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Tani Indonesia akan menggelar Festival Tani Nusantara di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News