Pemprov Gorontalo Gelar Festival Danau Limboto

Pemprov Gorontalo Gelar Festival Danau Limboto
Suasana matahari terbenam di Danau Limboto. Foto: dok jpnn

jpnn.com - GORONTALO –  Provinsi Gorontalo menggelar Festival Festival Danau Limboto di Pentadio Resort dan Danau Limboto, Kabupaten Gorontalo, mulai tanggal 16-20 September 2016. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Provinsi Gorontalo mempromosikan pariwisata wilayahnya. 

“Festival Danau Limboto adalah salah satu dari calendar of event 2016, event wisata Provinsi Gorontalo selama 2016. Ini adalah upaya untuk meningkatkan dan mengenalkan potensi wisata dan budaya di Provinsi Gorontalo hingga tingkat internasional,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Event Festival Danau Limboto yang dibuka pada Jumat (16/9) ini, menampilkan berbagai atraksi dan perlombaan diantaranya, pawai budaya, lomba alanggaya (layang-layang) tradisional. Kemudian ada lomba perahu tradisional, festival burung berkicau se-Sulawesi, pemilihan Nou dan Uti Kabupaten Gorontalo, serta festival kuliner ikan tangkapan danau Limboto.

Rusli Habibie menambahkan, Festival ini diharapkan bisa membuat masyarakat Gorontalo menyadari pentingnya keberadaan Danau Limboto sendiri. Sebab, Pemprov Gorontalo kini berupaya keras melakukan revitalisasi Danau Limboto agar terus menjadi penjaga ekosistem lingkungan dan sumber kehidupan masyarakat Gorontalo.

“Kita tahun, dalam beberapa musim, Danau Limboto menjadi tempat persinggahan burung-burung yang bermigrasi dari belahan dunia lainya. Danau Limboto juga menjadi salah satu sumber daya alam untuk kehidupan masyarakat Gorontalo. Karena itu, selain untuk menarik wisatawan ke Gorontalo, juga agar kita semua bergerak menjaga kelestarian danau Limboto,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kominfo (Dishubparkominfo) Provinsi Gorontalo Djamal Nganro mengatakan, Festival Danau Limboto adalah kerjasama Pemprov dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo didukung oleh Kementerian Pariwisata. 

“Ini adalah sinergi pemerintahan di Provinsi Gorontalo dalam mengenalkan potensi pariwisata di Provinsi Gorontalo. Terkait Danau Limboto juga akan dilakukan  aksi bersih-bersih danau Limboto. Ayo ke Gorontalo,” kata Djamal Nganro.

Pada pembukaan Festival Danau Limboto (16/9) ditampilkan pawai budaya menampilkan busana adat dan seni tradisi Gorontalo. Termasuk proses pernikahan dan mandi lemon (mopilihu lo limu) yang melibatkan Lembaga Adat Kabupaten Gorontalo. (dil/jpnn)


GORONTALO –  Provinsi Gorontalo menggelar Festival Festival Danau Limboto di Pentadio Resort dan Danau Limboto, Kabupaten Gorontalo, mulai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News