Inilah Enam Instruksi Jokowi kepada Mendikbud

Inilah Enam Instruksi Jokowi kepada Mendikbud
Presiden Joko Widodo. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Jokowi Widodo telah menerbitkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016. Inpres ini terkait revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi‎ menekankan enam hal kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang harus dijalankan.

Pertama, harus membuat peta jalan SMK. Kedua, menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai kebutuhan pengguna lulusan (link and match).

Kemudian, meningkatkan jumlah dan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK. Keempat, meningkatkan kerja sama dengan kementerian/lembaga. Kelima, meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK dan akreditasi SMK. Keenam, membentuk kelompok kerja pengembangan SMK.

Selain Mendikbud, ada 11 menteri Kabinet Kerja yang mendapat instruksi presiden adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Perindustrian, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perhubungan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri BUMN, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Menteri Kesehatan.(esy/jpnn)

JAKARTA - Presiden Jokowi Widodo telah menerbitkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016. Inpres ini terkait revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News