Binatang Lucu dan Menggemaskan, Tapi Kini Terancam Punah

Binatang Lucu dan Menggemaskan, Tapi Kini Terancam Punah
Ilustrasi. Foto: Rakyat Kalbar

jpnn.com - PONTIANAK - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat kembali melakukan evakuasi terhadap satwa liar berupa kukang.

Satwa yang aktif pada malam hari atau nocturnal ini diserahkan secara sukarela oleh Ali Aswat, warga Graha Bumi Katulistiwa, Pontianak pada 13 September 2016.

“Berdasarkan keterangan, satwa itu ditemukan di sekitar alamat yang bersangkutan sekitar satu minggu yang lalu,” kata Kepala BKSDA Kalbar Sustyo Iriyono, Sabtu (17/9) kemarin.

Selanjutnya satwa diamankan di kandang transit Balai KSDA Kalimantan Barat. Selanjutnya, hewan itu rencananya dititip rawatkan dan direhabilitasi di YIARI Ketapang.

Menurut Sustyo, penyerahan secara sukarela terhadap satwa liar dilindungi ini merupakan bukti kepedulian masyarakat populasi dan habitat satwa liar.

Untuk itu, pihaknya terus mengimbau agar masyarakat yang masih memelihara satwa liar untuk segara menyerahkan ke BKSDA Kalbar.

Kukang merupakan jenis primata yang terancam punah. Di Indonesia, berdasarkan ekologi dan persebarannya, terdapat tiga spesies kukang.

Yaitu Kukang Jawa (Nycticebus javanicus), Kukang Sumatera (Nycticebus coucang), dan Kukang Kalimantan (Nycticebus menagensis).

PONTIANAK - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat kembali melakukan evakuasi terhadap satwa liar berupa kukang. Satwa yang aktif pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News