Produk Industri Asal Gresik Makin Diterima di Luar Negeri

Produk Industri Asal Gresik Makin Diterima di Luar Negeri
Ilustrasi. Foto: Radar Kedu

jpnn.com - GRESIK – Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik berupaya mendorong sekitar 450 usaha untuk berkiprah di pasar luar negeri.

Diskoperindag Gresik telah memetakan sedikitnya 450 industri yang bisa merintis ekspor tahun ini. Semua tergolong kategori menengah. Modalnya mencapai Rp 500 juta–Rp 10 miliar.

Mereka bergerak di berbagai sektor. Ada makanan dan minuman (mamin), perkayuan, perikanan, serta logam. Saat ini, diskoperindag terus mendampingi para pelaku usaha tersebut.

”Kami membantu kemudahan izin. Termasuk memberikan kesempatan untuk mengikuti pameran besar,” kata Kepala Bidang Perindustrian Diskoperindag Gresik Ilmul Yaqien.

Dia mengaku optimistis produk industri mampu bersaing di pasar mancanegara. Salah satunya adalah busana muslim dan kopiah. Produk itu diminati pengusaha asal Tiongkok.

Komoditas dikirim ke sebuah kawasan di Negeri Panda yang berpenduduk muslim. Sebagian produk kopiah dibawa ke Timur Tengah.

’’Kami mengakui masih ada perusahaan yang ekspor lewat daerah lain. Karena itu, pelayanan terus diperbaiki,” tambahnya.

Dia yakin, minat perusahaan untuk ekspor lewat Kota Giri semakin besar.

GRESIK – Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik berupaya mendorong sekitar 450 usaha untuk berkiprah di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News