Wow! Banyak Barang Bawaan Jamaah Haji Indonesia Dibuang

Wow! Banyak Barang Bawaan Jamaah Haji Indonesia Dibuang
SEMOGA MABRUR : Para jamaah haji membawa barang bawaan sesaat turun dari pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5640 di apron Terminal I Bandara Internasional Juanda Surabaya, Minggu (18/9) pukul 09.00. Foto: Suryanto/ Radar Sidoarjo/JPNN.com

jpnn.com - JEDDDAH – Hampir seluruh jamaah haji Indonesia didera rasa kecewa saat menunggu pemberangkatan kembali ke tanah air. 

Bukan lantaran  harus menunggu lebih dari enam jam dalam kondisi sumuk, tapi karena barang-barang yang mereka beli banyak yang harus dibuang. 

Alasannya, barang-barang itu melebihi berat maksimal yang boleh dibawa ke dalam kabin.

Petugas Garuda Indonesia memang hanya mengizinkan jamaah haji masuk ke dalam kabin dengan membawa satu tas tenteng. Ketentuan lainnya, berat maksimal tas tenteng itu 7 kg. 

Padahal, hampir semua jamaah datang ke Bandara King Abdul Aziz dengan membawa lebih dari satu tas. 

”Tadi saya membawa dua botol air zamzam di dalam tas.  Tapi disuruh buang. Ya terpaksa ditinggal,” kata Agus Suparto, jamaah haji embarkasi Jakarta Pondok Gede kemarin.  

Agus memang hanya menanggung sedikit kecewa. Namun beda dengan jamaah lain yang harus membuang barang bawaan hasil belanja. 

Ada yang terpaksa meninggalkan rice cooker, mainan anak yang sengaja dibeli untuk cucu di tanah air, baju, sajadah, kain ihram, karpet, bahkan termos-termos berwarna emas khas oleh-oleh dari tanah suci. 

JEDDDAH – Hampir seluruh jamaah haji Indonesia didera rasa kecewa saat menunggu pemberangkatan kembali ke tanah air.  Bukan lantaran  harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News