PNS Bali Harus Ikut Go Digital demi Dongkrak Kunjungan Wisman

PNS Bali Harus Ikut Go Digital demi Dongkrak Kunjungan Wisman
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - BALI - Sebagai pintu masuk utama wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terus berinovasi. Salah satunya dengan menapaki Go Digital.

Para pegawai negeri sipil (PNS) di Bali pun dituntut untuk melek teknologi, termasuk media sosial. Inspirasi itu muncul selepas Rakornas Kemenpar III Go Digital Be The Best yang dilangsungkan di Econvention, Ecopark Ancol, Jakarta, 15-16 September 2016.

Menteri Pariwisata Arief Yahya di berbagai momentum selalu mengingatkan pada seluruh stakeholder kepariwisataan agar menggunakan teknologi untuk mengejar target capaian 20 juta di 2019. Semakin digital berarti semakin personal, mengglobal, dan profesional.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha Putra mengatakan, daerahnya siap lahir batin menyongsong era digital seperti amanat yang mencuat di Rakornas Kemenpar itu.  ”Kami sudah bertemu Telkom, dan kami sudah sepakat akan melakukan sesuatu dengan Telkom untuk pariwisata Indonesia,” ujar Kadispar yang biasa dipanggil Agung itu.

Apa bentuk kerja sama dengan Telkom? Pria bertubuh kekar itu akan segera mengeksekusi kerja sama digitalisasi pariwisata Bali.

”Poin kerja samanya sudah jelas, bahwa nantinya setiap siapa pun yang mendarat di Bali, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, pada hanphone-nya langsung mendapatkan petunjuk dan data tentang pariwisata Bali. Kami nanti juga bekerja sama dengan Telkom untuk meng-connect-kan semua fasilitasnya dengan web Kadispar,” ujar Agung.

Web milik Dispar Provinsi Bali saat ini dengan beralamat di www.tourism.baliprov.go.id. Web inilah yang saat ini sedang dikelola Kadispar Bali untuk segala aktivitas dan informasi bagi wisman maupun turis domestik terkait pariwisata Bali. Maklum, 40 persen dari total wisman yang berkunjung ke Indonesia memang masuk melalui Bali.

”Sesuai instruksi pak Menteri bahwa web ini akan update setiap saat, sesuai dengan kebutuhan, mudah diakses dan juga kami jelas dan detail menyiapkan agenda kalender event. Kita harus paling siap,” ujar Agung.

BALI - Sebagai pintu masuk utama wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terus berinovasi. Salah satunya dengan menapaki Go Digital. Para pegawai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News