Hati-hati Penyakit Berbahaya Ini Mulai Menyasar Usia Produktif

Hati-hati Penyakit Berbahaya Ini Mulai Menyasar Usia Produktif
Para lanjut usia alias lansia sedang senam. Foto: dokumen JPG

jpnn.com - JAKARTA – Belakangan ini penyakit seperti stroke, jantung, hipertensi, kolesterol, diabetes, tidak lagi menyasar kepada para manula tetapi sudah menyasar kepada usia produktif 25 – 55 tahun.

Situasi ini merupakan potret keluarga masa kini terutama di kota-kota besar. Apalagi kini banyak para istri yang ikut bekerja untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Beratnya tekanan pekerjaan, problematika hidup, serta tingkat stress kadang kerap menghimpit, sehingga abai memikirkan pentingnya kesehatan diri sendiri. Takdir memang di tangan Tuhan, tapi manusia bisa berusaha menjaga kesehatan dengan mengatur pola hidup sehat.

Kementerian Kesehatan melalui Ditjen Kesehatan Masyarakat mengindikasikan, adanya fenomena pola hidup tidak sehat di kalangan masyarakat.

Berdasarkan data Riskesdas 2007 & Riskesdas 2013, di mana ada sejumlah faktor risiko perilaku kesehatan yang terjadi, yakni penduduk kurang aktivitas fisik (26,1%), perilaku merokok penduduk sejak usia dini (36,3%), penduduk >10 tahun kurang konsumsi buah dan sayur (93,5%); penduduk >10 th minum minuman beralkohol (4,6%).

Hati-hati Penyakit Berbahaya Ini Mulai Menyasar Usia Produktif

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pun menekankan pentingnya gerakan untuk mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Gerakan tersebut dinamakan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas).

Meskipun kesakitan dan kematian akibat Penyakit Menular (PM) semakin menurun, prevalensi penyakit secara umum masih cukup tinggi.

JAKARTA – Belakangan ini penyakit seperti stroke, jantung, hipertensi, kolesterol, diabetes, tidak lagi menyasar kepada para manula tetapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News