Pemilu 2019 Mempercepat Konsolidasi Demokrasi

Pemilu 2019 Mempercepat Konsolidasi Demokrasi
Para pembicara, dari kanan: Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri DR Bahtiar, Peneliti LIPI Profesor Syamsuddin Haris, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, Ketua KPU Juri Ardiantoro, dan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Almuzzammil Yusuf. Foto: ist for JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Akhir September ini pemerintah menargetkan menyerahkan Rancangan Undang-undang Penyelenggaraan Pemilu (RUU Pemilu) ke DPR untuk dibahas bersama.

Dalam rangka menyerap gagasan-gagasan yang berkembang terkait kepemiluan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPR RI menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Diskusi yang digelar di Ruang Pleno F-PKS DPR RI, Rabu (21/09), bertema Menggagas Pemilu Ideal Tahun 2019.

Hadir sebagai pembicara utama Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri DR Bahtiar, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Almuzzammil Yusuf, Ketua KPU Juri Ardiantoro, dan Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Profesor Syamsuddin Haris.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini yang membuka seminar menjelaskan, pihaknya sengaja mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya.

Dengan harapan, fraksinya mendapatkan masukan sebagai bahan pembahasan RUU Pemilu.

Jazuli sendiri berharap, pemilu 2019 harus dapat menguatkan fungsi partai politik.

Dia berharap, dari seminar ini bisa mengevaluasi sistem proporsional terbuka yang diterapkan pada pemilu 2009 dan 2014.

JAKARTA – Akhir September ini pemerintah menargetkan menyerahkan Rancangan Undang-undang Penyelenggaraan Pemilu (RUU Pemilu) ke DPR untuk dibahas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News