Bank of Japan Ubah Kebijakan, IHSG Langsung Hijau

Bank of Japan Ubah Kebijakan, IHSG Langsung Hijau
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Perubahan kebijakan moneter Bank of Japan (BoJ) membawa sentimen positif bersamaan dengan optimisme The Fed yang urung menaikkan suku bunga acuan di AS.

Bursa saham Asia pun menghijau. Tidak terkecuali indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menguat 40,099 poin (0,756 persen) ke level 5.342,592 pada penutupan perdagangan kemarin.

Kemarin Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda memperkenalkan target suku bunga dengan tenor yang lebih panjang, yakni sepuluh tahun. Kebijakan tersebut langsung direspons positif oleh pasar global.       

Di bursa Jakarta, untuk kali pertama setelah hampir tiga pekan berada di posisi jual, investor asing mencatatkan pembelian bersih Rp 551,4 miliar kemarin.

Sejak awal tahun sampai kemarin, IHSG secara kumulatif menguat 16,32 persen atau tertinggi di dunia.

Bursa saham di Asia mayoritas menguat. Indeks Composite Shanghai (Tiongkok) naik 0,10 persen; indeks Hang Seng (Hong Kong) mendaki 0,59 persen; dan indeks Nikkei 225 (Jepang) melesat 1,91 persen. Sementara itu, indeks Straits Times (Singapura) turun 0,14 persen.

”Mayoritas indeks saham di Asia menguat. Ada rasa optimistis setelah BOJ kembali pro dukungan untuk lembaga keuangan. BoJ lebih menahan diri untuk menurunkan kembali suku bunga negatif dan lebih fokus pada stimulus untuk mengendalikan kurva yield,” ungkap Research Analyst Reliance Securities Lanjar Nafi kemarin (21/09).

IHSG sempat bergerak melemah pada awal perdagangan kemarin bersamaan dengan bursa saham Asia lainnya.

JAKARTA – Perubahan kebijakan moneter Bank of Japan (BoJ) membawa sentimen positif bersamaan dengan optimisme The Fed yang urung menaikkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News