Percepat Pengentasan Kemiskinan Melalui Program TMMD

Percepat Pengentasan Kemiskinan Melalui Program TMMD
Pembukaan TMMD di Wilayah Kodam Udayana. FOTO: Dok.Kodam Udayana

jpnn.com - DENPASAR - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 resmi dibuka di wilayah Kodam IX/Udayana di Lapangan Arga Soka Sesetan, Denpasar Selatan, kemarin. Komadan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar, Lantamal V, Letkol Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa hadir pada upacara pembukaan TMMD.

Pelaksanaan TMMD yang tersebar di enam titik di wilayah Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur ini, dilaksanakan berdasarkan program terpadu lintas sektoral. Program ini melibatkan semua unsur di daerah dalam usaha mempercepat pengentasan kemiskinan, pemerataan dan akselerasi pembangunan.

Tujuan dari penyelenggaraan TMMD ini adalah untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik yang bersifat fisik maupun non fisik. Selain itu, untuk memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang yang tangguh.

Untuk di wilayah Kodam IX/Udayana terdapat enam titik lokasi pelaksanaan TMMD yang masing-masing dua titik berada di provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Bali. Dengan mengerahkan masing-masing lokasi satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Gabungan dengan kekuatan personel 150 orang terdiri dari unsur TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU, Kepolisian dan SKPD terkait di masing-masing Kabupaten daerah sasaran.

 Khusus di wilayah Bali dilaksanakan di wilayah Kodim 1611/Badung di Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan.  Dan dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, dengan upacara secara militer dilapangan Arga Soka Jalan Raya Sesetan Denpasar Bali.

Untuk wilayah Denpasar sasaran fisik antara lain, pembuatan jalan usaha tani, jogging track, pelebaran jembatan dan bedah rumah serta kegiatan non fisik meliputi penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Cinta Tanah Air, Kesehatan, KB, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Hukum, Kamtibmas, Narkoba, Agama dan Lalin.

Bersamaan pembukaan TMMD ke-97 ini juga dilaksanakan Pencanangan  Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIII yang dilangsungkan di Lapangan Arga Soka Sesetan, Denpasar  Selatan, Bali.

Dalam amanatnya Wali Kota Denpasar yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Denpasar, menyampaikan bahwa TMMD merupakan suatu keterlibatan TNI dalam pembangunan desa. Pada hakekatnya merupakan bentuk nyata kemanunggalan TNI dengan masyarakat untuk mempercepat pembangunan di desa sebagai mana tertuang dalam butir ke 3 Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran atau dari desa.

DENPASAR - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 resmi dibuka di wilayah Kodam IX/Udayana di Lapangan Arga Soka Sesetan, Denpasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News