Kemendikbud Alokasikan Dana Rp 20 Miliar ‎untuk Garut

Kemendikbud Alokasikan Dana Rp 20 Miliar ‎untuk Garut
Kondisi di salah satu sekolah di Garut yang terdampak banjir bandang. Foto: Humas Kemendikbud for JPNN.com

jpnn.com - GARUT--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan dana sekitar Rp 20 miliar untuk pemulihan bencana Garut. 

Meski begitu, menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, jumlah tersebut be‎lum angka riil.

"Kami belum menghitung angka pastinya, tapi yang kami siapkan sekira Rp 20 miliar. Nanti kami lihat lagi perkembangan di lapangan," ujar Muhadjir usai meninjau lokasi sekolah yang kena banjir di Garut, tadi malam.

Ditambahkan‎ Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen), angka riil bantuan pusat akan dilihat dari laporan yang masuk. Tidak mungkin dana Rp 20 miliar dihabiskan semuanya untuk 13 sekolah.

"Ya kan ini anggaran negara. Keluarnya harus jelas dan sesuai kebutuhan juga. Tidak boleh asal beri, semua harus ada laporan yang jelas," ujarnya.

‎Saat ini, lanjut Hamid, masih dalam penanganan tanggap darurat di mana pemerintah lebih menekankan langkah-langkah agar anak bisa tetap belajar. 

Itu sebabnya, Kemendikbud langsung memberikan kebutuhan sekolah berupa baju seragam, sepatu, buku, dan alat tulis. Selain itu, pembersihan sekolah pun dilakukan. 

“Kami targetkan dua minggu untuk tanggap darurat karena kami perlu mendata rinci kebutuhan para siswa, agar bantuan school kids sesuai ukuran masing-masing siswa,” jelasnya. 

GARUT--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan dana sekitar Rp 20 miliar untuk pemulihan bencana Garut.  Meski begitu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News