Kemenhub Pisahkan Fungsi Pelabuhan Sorong

Kemenhub Pisahkan Fungsi Pelabuhan Sorong
Ilustrasi. Foto dok Humas Pelindo III

jpnn.com - SORONG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan memisahkan fungsi Pelabuhan Sorong yang dikelola PT Pelindo IV dan Pelabuhan Arar Kabupaten Sorong, yang dioperasikan oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) di bawah Kemenhub.

Ke depan, kata Budi, pengoperasian kedua pelabuhan akan dilakukan PT Pelindo IV.

Tujuannya, guna mengoptimalkan eksistensi kedua prasarana pelabuhan laut itu dalam menyokong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong.

"Tentunya kerjasama pemanfaatan pengelolaan disetujui terlebih dahulu oleh Kementerian Keuangan karena pembangunan Pelabuhan Arar dibangun dengan sumber dana APBN," ujar Budi dalam siaran persnya, Jumat (23/9).

Nantinya, Pelabuhan Sorong fokus untuk pelayanan peti kemas sedangakan Pelabuhan Arar difokuskan untuk general cargo. Keduanya nanti dioperasikan PT Pelindo IV.

"Saya pikir hal yang paling penting adalah penegasan fungsi antara Pelabuhan Sorong dengan Pelabuhan Arar," tegas mantan dirut AP II ini.(chi/jpnn)


SORONG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan memisahkan fungsi Pelabuhan Sorong yang dikelola PT Pelindo IV dan Pelabuhan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News