Sofyan Djajil Akui Mafia Tanah Banyak, Bukan hanya di BPN

Sofyan Djajil Akui Mafia Tanah Banyak, Bukan hanya di BPN
Sofyan Jalil. Foto: dok. JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djajil tidak membantah ada oknum BPN menjadi mafia tanah. 

‎"Mungkin satu dua orang ada," ujar Sofyan usai bertemu pimpinan KPK, Jumat (23/9). "Prinsipnya kalau kesalahan orang dalam kita ambil tindakan." 

Namun, ia memastikan sistem pengawasan di BPN untuk oknum-oknum yang bermain cukup ketat. Sehingga, kata dia, bisa mencegah ada oknum bermain yang pada akhirnya merusak tatanan sistem yang sudah dibangun. 

"Nah ini kami bagaimana menjaga supaya tidak ada lagi oknum yang melakukan itu, merusak sistem yang sudah dikerjakan," kata mantan menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas itu. 

Dia pun menegaskan, mafia tanah tidak cuma dari oknum BPN. Namun, banyak juga oknum lain di luar BPN yang diduga bermain tanah. 

"Tetapi kalau anda cerita mafia tanah, itu bukan hanya BPN, banyak sekali di mana-mana. Akan kita atasi mafia tanah, ‎bukan hanya di BPN," kata Sofyan. 

Karenanya ia mengatakan salah satu tujuannya bertemu KPK ialah untuk memperbaiki reformasi di BPN. Salah satunya diskusi  soal perbaikan standar operasional prosedur yang sudah ada agar lebih transparan lagi ke depan. 

"Semua yang ada di BPN akan kami perbaiki," tegasnya.(boy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djajil tidak membantah ada oknum BPN menjadi mafia tanah. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News