Bawaslu Ingatkan Pejabat Tetap Netral

Bawaslu Ingatkan Pejabat Tetap Netral
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Pulau Morotai dan Halmahera Tengah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) Sultan Alwan mengimbau para pejabat agar tetap netral.

Dia mengatakan, imbauan ini disampaikan untuk mengindari penyalahgunaan kewenangan dan fasilitas negara untuk menguntungkan calon tertentu.

“Karena itu, kami harap pejabat agar tetap netral dalam pilkada tahun 2017,” kata Sultan di ruang kerjanya, Jumat (23/9).   

Dikatakan, jika ada pejabat yang ikut membantu pasangan calon menggunakan fasilitas negara atau menjanjikan sesuatu itu pelanggaran. “Dan jika memenuhi unsur pelangaran, calon tersebut akan didiskualifikasi,” tegasnya dilansir Malut Post (JPNN Group).

Namun, menurut dia, jika ada pejabat daerah yang ikut kampanye atau menjadi juru kampanye, harus mengajukan cuti.

“Sesuai aturan, misalnya kepala daerah bisa ikut kampanye kalau sudah ada cuti. Prinsipnya, kami berharap pejabat agar tetap netral,” ujarnya.(JPG/mg-01/jfr/fri/jpnn)


TERNATE – Jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Pulau Morotai dan Halmahera Tengah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News