Tiga Pelabuhan ini Masih jadi Primadona

Tiga Pelabuhan ini Masih jadi Primadona
Ilustrasi. Foto dok Humas Pelindo III

jpnn.com - SURABAYA - Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III Edi Priyanto menjelaskan data realisasi kunjungan kapal pesiar dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tren positif.

Sepanjang 2015 lalu, tercatat sekurangnya sebanyak 130 kapal pesiar singgah melalui pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III dengan membawa 128.574 turis manca negara dengan berat kapal mencapai 6.798.284 Gross Tonnage (GT).

Kunjungan kapal pesiar di lingkungan kerja Pelindo III hingga paruh 2016 tercatat sebanyak 46 unit kapal pesiar, dengan berat mencapai 2.721.597 Gross Tonnage (GT), yang membawa penumpang sekitar 55.586 turis mancanegara.

"Kunjungan kapal pesiar masih terjadi pada tiga pelabuhan yang memiliki hinterland wisata favorit, yaitu Pelabuhan Benoa Bali, Pelabuhan Lembar NTB, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," ujar Edi dalam siaran persnya, Minggu (25/9).

Hingga September 2016 ini, tercatat setidaknya sebanyak 28 kapal pesiar telah masuk melalui Pelabuhan Benoa Bali dengan membawa sekitar 38 ribu turis mancanegara.

Kemudian 14 kapal pesiar di Pelabuhan Lembar NTB dengan membawa sekitar 20 ribu turis dan 10 unit kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan membawa 12 ribu turis.

“Pelindo III terus melakukan pengembangan pelabuhan berbasis wisata khususnya pada pelabuhan yang menjadi favorit kunjungan kapal pesiar, karena hal tersebut merupakan komitmen dalam mendukung pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia," tutur Edi.(chi/jpnn)


SURABAYA - Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III Edi Priyanto menjelaskan data realisasi kunjungan kapal pesiar dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News