Hanya 48 Jam, Inikah Sultan Paling Singkat Menjabat Di Dunia?

Hanya 48 Jam, Inikah Sultan Paling Singkat Menjabat Di Dunia?
Nulzuludin Sjah (tengah) hanya menjabat 48 jam sebagai Sultan Ternate, setelah membuat surat pernyataan bahwa pengangkatannya sebagai sultan terdapat kekeliruan. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE - Status Nulzuludin Sjah sebagai Sultan Ternate hanya bertahan 48 jam. Hal ini menyusul surat pernyataan yang dibuat Nulzuludin terkait kekeliruan atas pengangkatannya sebagai sultan oleh Kiemalaha Tomagola, Jumat (23/9) lalu. Terkait masa jabatan yang berlangsung 48 jam itu, muncul pertanyaan: Inikah sultan paling singkat di dunia?

Surat pernyataan ini dibuat Nulzuluddin di depan kolano Masoa, Sjarifuddin Sjah, pihak keluarga besar Alm. Sultan Mudaffar Sjah, termasuk Firman Sjah, Ofa Soraya, Ofa Wiriawati M Sjah dan bobato 18 yang berlangsung di Kedaton Ici di kawasan Soa Sio Ternate, Minggu (25/9).

Isi surat tersebut menyatakan bahwa apa yang dilakukan terkait pengangkatan Nuzuluddin sebagai sultan bukan atas kemauannya sendiri. Nulzuludin hanya mengikuti kemauan Kiemalaha dan kedua saudaranya.

Lebih lanjut, pernyataan tersebut menyebutkan proses Sinonako adalah bukan proses pelantikan sebagai sultan pada Jumat (23/9), melainkan merupakan akhir dari proses pencarian penerus dari sultan Alm Mudaffar Sjah. Adapun pemakaian mahkota dalam proses tersebut adalah kekeliruan.

“Atas kekeliruan tersebut saya (Nulzuludin M Sjah) memohon maaf sebesar-besarnya dan kepada khalayak, disampaikan agar tidak terprovokasi dengan isu-isu dari pihak yang tidak bertanggung jawab dan agar menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya di lingkungan kedaton, dan untuk sementara saya tidak akan beraktivitas di kedaton,” demikian isi surat tersebut.

Selain surat pernyataan yang ditandatangani Nulzuludin M Sjah di atas materai enam ribu, surat pernyataan kedua untuk memperkuat pernyataan tersebut juga dibuat Nulzuludin, namun belum selesai dibuat, ibu dari Nulzuludin M Sjah yaitu Talha Mahri M Sjah datang ke kedaton Ici dan membawa keluar Nulzuludin dari kedato ici ke kediaman mereka di kawasan santiong.

Kedatangan ibu dari Nulzuludin ini sebelumnya karena mendapat laporan bahwa anaknya sedang disandera oleh keluarga besar di kedaton ici.

Talha Mahri M Sjah lalu melaporkan ke polisi untuk datang dan mengeluarkan anaknya tersebut. Sekitar pukul 03.30 WIT Talha Mahri M Sjah bersama polisi lalu mendatangi Kadaton Ici dan mengeluarkan anaknya dari dalam ruang utama.

TERNATE - Status Nulzuludin Sjah sebagai Sultan Ternate hanya bertahan 48 jam. Hal ini menyusul surat pernyataan yang dibuat Nulzuludin terkait kekeliruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News