Karimunjawa Sunset Jazz Pikat Yachters Asing

Karimunjawa Sunset Jazz Pikat Yachters Asing
Foto: tripadvisor.com

jpnn.com - JEPARA -  Kepulauan Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah tiba-tiba menjadi pusat perhatian para yachters. Sedikitnya 28 perahu pesiar (yacht) dari Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Prancis, Itali dan Inggris bersandar di destinasi wisata bahari terelok di Jateng itu pada 24-25 September 2016.

Kehadiran mereka dalam rangka Sail Karimunjawa 2016. Dari perahu pesiar itu pula wisatawan mancanegara bisa menyaksikan konser eksotik, Karimunjawa Sunset Jazz yang digelar di dermaga wisata Pulau Karimunjawa, Sabtu (24/9) sore. Sambil menyaksikan langit yang menguning, hari pun berangsur gelap.

Sunset sore itu jadi penuh kenangan. Irama musik jazz yang dimainkan Dwiki Dharmawan & Friends menambah romantisnya suasana sore itu. Wisatawan yang di dermaga juga berjubel penuh.

Hadirnya yachters dunia membawa pemandangan yang asyik di Karimunjawa. Raseno Arya, Asdep Pengembangan Pemasaran Pariwisata Segmen Personal, Kemenpar menyebut Karimunjawa Sunset Jazz juga memberi dampak yang kuat karena dibawakan oleh artis kawakan dan ditonton oleh para sailers.

"Nilai promonya menjadi lebih kuat, karena Kemenpar memang sedang menggenjot bahari sebagai destinasi utama. Tujuh dari sepuluh top destinasi yang oleh Pak Menpar Arief Yahya disebut sepuluh Bali baru itu juga berbasis bahari," ujar Raseno.

Sebut saja Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kep Seribu Jakarta, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara. Sedangkan tiga yang berbasis pada alam dan budaya non-laut adalah Danau Toba, Borobudur di Jateng dan Bromo-Tengger-Semeru di Jatim.

Beberapa musisi dan penyanyi jazz kenamaan Indonesia turut beraksi dalam kegiatan itu. Mus Mujiono, Ita Purnamasari, Iwan Abdie dan Dwiki Dharmawan tampil memukau. Tepuk tangan riuh bergema setiap kali lagu usai dibawakan. Tidak hanya wisatawan nusantara, puluhan wisatawan mancanegara turut menonton acara ini.

Para yachters yang sedang mengeksplorasi alam, pulau-pulau, pantai, bawah laut ikut happy. Mereka mengikuti Sail Karimunjawa, 23 sampai 26 September yang mengangkat tema Pesona Bahari Karimunjawa 2016 itu.

JEPARA -  Kepulauan Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah tiba-tiba menjadi pusat perhatian para yachters. Sedikitnya 28 perahu pesiar (yacht)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News