Beyond Bali Memukau OzAsia Festival 2016 di Australia

Beyond Bali Memukau OzAsia Festival 2016 di Australia
Pantai Tanah Lot di Tabanan, Bali. Foto: dokumen Radar Bali/JPG

jpnn.com - ADELAIDE – Bali memang sudah identik sebagai rumah kedua bagi warga Australia. Padahal, Indonesia punya tempat lain yang tak kalah indah dari Bali.

Karenanya melalui di OzAsia Festival 2016 yang digelar di Adelaide, South Australia, Kementerian Pariwisata menawarkan lokasi-lokasi wisata selain Bali. Lokasi-lokasi yang disebut Beyond Bali itulah yang ditawarkan kepada agen perjalanan dan wisata hingga Menteri Perdagangan dan Investasi Australia Selatan, Martin Hamilton Smith.

Ada Bali dan sekitarnya yang juga menyimpan eksotisme khas dengan kombinasi alam dan budaya yang ditawarkan dalam festival kebudayaan Asia terbesar di negara bagian South Australia itu. Ajakan itu didesain Asdep Pengembangan Pemasaran Asia Pasifik Kemenpar, Vinsensius Jemadu dalam bentuk Indonesia VIP Series OzAsia 2016.

Bali sudah tidak asing lagi bagi warga Australia. Itu fakta, bukan rekayasa. Pada 2016 ini saja, angka kenaikan inbound wisatawan mancanegara (wisman) dari Australia naik sangat tinggi.

Data terbaru yang dikeluarkan Australia Bureau of Statistics (ABS) selama Mei -Juli 2016, berturut-turut, Indonesia menjadi jawara destinasi outbond bagi masyarakat Australia.  Tren kenaikannya tahun per tahun mencapai 23,3 persen.

Angka itu menempatkan Australia sebagai satu-satunya negara yang menyentuh angka dua digit di antara 10 negara terbesar penyumbang wisman ke Indonesia. Jumlahnya mencapai  201 ribu wisatawan sebulan.

Angka itu, sudah menyalip "Pure" Selandia Baru yang selama bertahun-tahun selalu jawara dan tidak terkalahkan dengan wisman 99.400 orang. Dan 80 persen dari angka tadi menuju Bali.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun telah memprogramkan Bali sebagai tourism hub. Wisman datang dan mengeksplorasi Bali, setelah itu didistribusikan ke berbagai destinasi lain di tanah air.

ADELAIDE – Bali memang sudah identik sebagai rumah kedua bagi warga Australia. Padahal, Indonesia punya tempat lain yang tak kalah indah dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News