Pernah Dipecat Jokowi Justru Jadi Kelebihan Anies

Pernah Dipecat Jokowi Justru Jadi Kelebihan Anies
Anies Baswedan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik LIPI Syamsuddin Haris menilai Anies Baswedan memiliki modal yang cukup untuk bersaing dengan petahana Basuki T Purnama alias Ahok di Pilkada DKI 2017 nanti. Selain kepribadian yang santun, Anies juga dapat memainkan peran sebagai pihak yang terzalimi.

Syamsuddin mengatakan, modal utama Anies adalah kepribadiannya yang santun. Hal tersebut membuatnya menarik di antara pemilih yang konservatif.

"Anies juga punya kelebihan dalam artikulasi menyampaikan apa yang ingin dia sampaikan," kata Haris di Jakarta, Selasa (27/9).

Selain itu, latar belakang Anies sebagai mantan mantan menteri pendidikan juga dapat dimanfaatkan untuk menarik simpati. Caranya, dengan memposisikan diri sebagai orang yang dizalimi penguasa, dalam hal ini Presiden Joko Widodo yang telah memecatnya dari kabinet.

Apalagi, lanjut dia, sebagian besar publik sudah memiliki persepsi bahwa Presiden Jokowi adalah sahabat Ahok. Dia yakin para pendukung Anies akan memainkan angle ini saat kampanye.

"Dia (anies) punya sedikit modal, dalam tanda petik, dianggap sebagian pihak dizalimi oleh Pak Jokowi. Itu bisa sebagai modal yang dijual oleh pendukung pak Anies," ujar Haris. (rmol/dil/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik LIPI Syamsuddin Haris menilai Anies Baswedan memiliki modal yang cukup untuk bersaing dengan petahana Basuki T Purnama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News