Bu Susi Ungkap Kelicikan Maling Ikan Kelas Kakap

Bu Susi Ungkap Kelicikan Maling Ikan Kelas Kakap
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hasrat pihak asing yang ingin menguras ikan di perairan Indonesia memang luar biasa.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mensinyalir bahwa pengusaha-pengusaha asing berusaha membeli kapal bendera Indonesia sekaligus Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, pihaknya menerima informasi mengenai gerilya pihak asing di tanag air. 

Menurut dia, mereka berusaha merayu para pemilik kapal untuk menjual kapal penangkap ikan mereka beserta SIPI. 

Dengan begitu, mereka menjadi otak di balik kapal-kapal penangkap ikan berbendera Indonesia dan menggunakannya untuk ekspor.

’’Pesan saya kepada pemilik kapal di wilayah Pantura (pantai utara Jawa), jangan jual kapalnya dan SIPI kepada orang asing,’’ ujarnya saat konferensi pers di Jakarta kemarin (27/9). 

Dia menjelaskan, iming-iming indah diberikan kepada para pemilik kapal domestik agar mau menyerahkan SIPI dan kapal mereka. 

Para pengusaha penangkapan domestik itu dijanjikan bakal diberikan kapal baru dan saham hingga lima persen. Padahal, manfaat kekayaan maritim Indonesia seharusnya benar-benar dinikmati Indonesia.

JAKARTA – Hasrat pihak asing yang ingin menguras ikan di perairan Indonesia memang luar biasa. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mensinyalir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News