Wow! Rupiah ke Level Tertinggi Tahun Ini, Berpotensi Rp 12.500

Wow! Rupiah ke Level Tertinggi Tahun Ini, Berpotensi Rp 12.500
Rupiah menguat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Program tax amnesty berhasil mengalirkan arus dana masuk ke dalam negeri.

Dampaknya, nilai tukar rupiah tedongkrak ke level tertinggi tahun ini. 

Pada perdagangan di pasar spot kemarin (27/9), kurs rupiah terhadap dolar AS (USD) diperdagangkan di kisaran Rp 12.900 hingga Rp 12.936 sebelum ditutup di Rp 12.955.

Merujuk data Reuters, rupiah butuh waktu setahun untuk bisa kembali di bawah Rp 13.000. Pada 6 Mei 2015, dolar AS mulai menembus Rp 13.000. 

Pelan tapi pasti, dolar AS terus merangkak naik dan menekan rupiah. Bahkan, rupiah sempat menyentuh level terendah pada 28 September 2015 saat bertengger di posisi Rp 14.705 per USD. 

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo menyebutkan, ada beberapa faktor yang memicu penguatan rupiah. Dari dalam negeri, penguatan rupiah dimulai dari tingginya arus modal masuk bersih tahun ini. 

”Total Januari sampai September sudah Rp 151 triliun dibanding periode yang sama (tahun lalu) Rp 39 triliun,” ujarnya seusai ratas ekonomi digital di Kantor Presiden kemarin. 

Faktor lainnya adalah pengaruh program amnesti pajak yang dilihat baik oleh pasar. Program tersebut sejauh ini menunjukkan tren positif. 

JAKARTA – Program tax amnesty berhasil mengalirkan arus dana masuk ke dalam negeri. Dampaknya, nilai tukar rupiah tedongkrak ke level tertinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News