BNPB: Banyak Wisatawan tak mau Turun Gunung Rinjani, bahkan Bersembunyi

BNPB: Banyak Wisatawan tak mau Turun Gunung Rinjani, bahkan Bersembunyi
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hingga Pukul 13.00 WITA, Rabu (28/9), jumlah wisatawan maupun guide lokal yang keluar dari kawasan Gunung Rinjani mencapai 106 orang.

Jumlah itu belum termasuk para wisatawan yang keluar lewat pintu-pintu menuju Puncak Rinjani yang tidak resmi.

"Mereka keluar melalui dua pintu. Yaitu Pintu Sembalun sebanyak 51 orang (23 wisatawan mancanegara dan 28 wisawatan/guide lokal) dan lewat Pintu Senaru sebanyak 55 orang (42 wisatawan asing dan 13 wisawatan/guide lokal)," ujar Sutopo siaran persnya.

Selain itu juga ada wisatawan yang turun dan keluar dari Gunung Rinjani melalui pintu tidak resmi sehingga tidak tercatat.

Menurut Sutopo, berdasarkan data dari Taman Nasional Gunung Rinjani, sebanyak 1.023 orang wisatawan berada di Gunung Rinjani saat terjadi erupsi Gunung Barujari pada pada Selasa (27/9) kemarin.

Wisatawan masuk dari dua pintu yaitu Pintu Sembalun dan Pintu Senaru.

Dari Pintu Sembalun terdapat 389 wisatawan (333 wisatawan mancanegara dan 56 wisatawan/guide lokal), yang naik ke Gunung Rinjani sejak 25-27 September 2016.

Sedangkan dari Pintu Senaru terdapat 634 orang wisatawan, yakni 306 wisatawan mancanegara dan 228 wisawatan lokal.

JAKARTA - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hingga Pukul 13.00 WITA, Rabu (28/9), jumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News