Ketua MPR: Nilai-nilai Budaya Kunci Kemajuan Bangsa

Ketua MPR: Nilai-nilai Budaya Kunci Kemajuan Bangsa
Ketua MPR: Nilai-nilai Budaya Kunci Kemajuan Bangsa

jpnn.com - SEMARANG - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini nilai-nilai ke-Indonesia-an mulai memudar dan memunculkan kesenjangan sosial yang tinggi di tengah masyarakat.

Kondisi itu menurutnya dapat diubah oleh generasi penerus bangsa yang memiliki cita-cita mulia dan mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa yang sejalan dengan empat konsensus, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Bangsa itu akan maju apabila berdaulat. Kalau kita mau maju, empat dasar konsensus inilah yang harus dijalankan," kata Zulkifli

Itu disampaikannya saat mengisi kuliah umum dengan tema 'Membangun Sistem Politik yang Beradab dengan Landasan Empat Konsensus Kebangsaan Untuk Indonesia yang Maju dan Bermartabat' di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (FIB Undip), Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/9).

"Sehebat apapun ilmu dan teknologi yang menentukan bangsa ini akan besar dan maju adalah budaya. Jadi bangsa Indonesia akan maju atau tidak, terpulang kepada budaya masyarakatnya," sambung Zulkifli.

Dia juga menyebutkan bahwa demokrasi politik harus seiring sejalan dengan demokrasi ekonomi. Bila tidak sejalan, maka kesejahteraan masyarakat secara merata sulit diwujudkan.

Hadir dalam acara itu Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, M. Hum, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Dr. Redyanto Noor, M. Hum dan peserta mahasiswa.(fat/jpnn)


SEMARANG - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini nilai-nilai ke-Indonesia-an mulai memudar dan memunculkan kesenjangan sosial yang tinggi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News