Mbak Puan Beri Garansi Kesiapan Penyelenggaraan Tafisa 2016

Mbak Puan Beri Garansi Kesiapan Penyelenggaraan Tafisa 2016
Menko PMK Puan Maharani memimpin rakor Tafisa 2016 di kantor PMK, Jakarta, Kamis (29/9). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani memberikan jaminan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Tafisa World Sport for All 2016, 6-12 Oktober nanti.

Menurut Mbak Puan, seluruh persiapannya sudah rampung. Venue, penginapan, transportasi dan berbagai fasilitas lainnya sudah oke.

The Association For International Sport For All (Tafisa) sendiri adalah organisasi olahraga dunia yang membidangi olahraga rekreasi atau sport games.

“Indonesia sudah siap melaksanakan Tafisa 6-12 Oktober 2016, yang Insya Allah akan dibuka oleh Presiden Bapak Joko Widodo,” kata Puan usai memimpin rapat koordinasi tingkat menteri terkait pelaksanaan Tafisa World Sport for All 2016 di kantor Kemenko PMK, Kamis (29/9).

Hadir pada rakor tersebut antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Ketua FORMI, Hayono Isman dan perwakilan Kementerian/Lembaga seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum & HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Sosial, Kementerian BUMN, Kementerian PPN/Bappenas, BIN, POLRI, dan Provinsi DKI Jakarta.

Puan menjelaskan dalam menyelenggarakan ajang tersebut, pemerintah memang melakukan berbagai penghematan dan efisiensi, namun hal itu tidak akan memengaruhi kualitas pelaksanaan dan layanan yang bermutu dan berstandar internasional.

Berdasarkan data terakhir dari panitia penyelenggara Tafisa 2016, event olahraga ini akan diikuti oleh 74 negara dengan jumlah peserta sekitar 6881 orang dari luar dan dalam negeri, memainkan 86 cabang olahraga. Mengingat Tafisa kali ini Indonesia menjadi tuan rumah, maka akan ditampilkan dan diperkenalkan kepada dunia beberapa potensi olahraga rekreasi masyarakat dari 27 provinsi di Indonesia. 

Tafisa ke-6 kali ini juga akan dimeriahkan dengan pemecahan rekor dunia (Guiness Book of Record) untuk kegiatan ‘Engrang’ yang diikuti oleh 2.600 peserta dan ‘Zumba’ yang akan diikuti oleh 13.000 orang. Disamping itu, Tafisa 2016 akan dimeriahkan beberapa kegiatan pendukung seperti: jalan sehat massal (World Walking Day) dengan jumlah peserta 30.000 orang yang mengambil tempat di kawasan Benyamin Sueb, Kemayoran, serta kegiatan ‘Global Forum’ dengan tema ‘Active Cities’ yang akan dihadiri oleh 140 negara anggota Tafisa dan 260 peserta dalam negeri (gubernur/bupati/stakeholder olahraga lainnya).

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani memberikan jaminan bahwa Indonesia siap menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News