Plataran L’Harmonie Menjangan dan Raja Ampat Masuk 100 Top Destinasi Hijau Dunia

Plataran L’Harmonie Menjangan dan Raja Ampat Masuk 100 Top Destinasi Hijau Dunia
Foto: Instagram/Plataran Menjangan

jpnn.com - SLOVENIA – Anda pernah mengunjungi Plataran L’harmonie Menjangan di Bali Barat-Utara? Untuk menjangkau distinasi wisata di Taman Nasional Bali Barat itu harus memasuki hutan berjarak 4 kilometer dari Jalan Raya Gilimanuk-Buleleng.

Jalannya masih berupa makadam yang ditata tanpa aspal ataupun cor beton. Sedangkan papan petunjuknya serba-kayu namun artistik.

Jika nasib sedang mujur, pengunjung bisa bertemu menjangan bercula panjang. Ada pula sekumpulan monyet yang jauh dari kesan nakal.

Tapi ada sederet aturan yang harus ditaati pengunjung. Antara lain pengunjung dilarang memberi makan ke fauna di Plataran L’harmonie Menjangan, bahkan kecepatan laju kendaraan juga tidak boleh lebih dari 10 km/jam.

Selain itu, tentu saja ada larangan berburu fauna apalagi menebang pepohonan. Memancing pun tidak boleh sembarangan.

Resort dengan bangunan nangkring di atas tanah itu menggunakan tagline Integrated Eco Nature Development Park. Ada The Octagon di lantai tiga yang bisa memandang panorama sunset, open space, sambil menikmati secangkir kopi panas. 

Khas Plataran Group memang menampilkan dekorasi koleksi barang-barang antik. Bahkan di situ pula bisa ditemukan lonceng raksasa dari Belanda yang dipajang di lobi resto. Tembok-temboknya juga memanfaatkan bekas-bekas batu karang yang ditata rapi dan nyaman dipandang mata.

Tepat pada Hari Pariwisata Dunia atau “The Tourism Day” yang jatuh 27 September 2016, Plataran L’harmonie  dinobatkan sebagai 100 top destinasi hijau dunia. Penobatannya dilakukan dalam sebuah acara Global Green Destination Day di Ljubljana, Slovenia. 

SLOVENIA – Anda pernah mengunjungi Plataran L’harmonie Menjangan di Bali Barat-Utara? Untuk menjangkau distinasi wisata di Taman Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News