Tak Semua Nelayan Antireklmasi, Ini Buktinya

Tak Semua Nelayan Antireklmasi, Ini Buktinya
Tak Semua Nelayan Antireklmasi, Ini Buktinya

jpnn.com - JAKARTA - Para nelayan Muara Angke dan Kali Adem Jakarta Utara mendukung proyek pengembangan kawasan Jakarta Utara melalui pola reklamasi. Mereka menilai, penolakan yang ada saat ini hanya dilakukan oleh segelintir orang demi kepentingan politik.

Warnita, salah seorang nelayan tradisional di Muara Angke mengatakan, tidak ada untungnya bagi nelayan menolak pengembangan kawaasan Jakarta Utara.

“Kami hanya menginginkan pengembang dan pemerintah memberikan perhatian atas dampak yang timbul. Kami juga berharap pengembangan kawasan ini dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat di Muara Angke ini,” kata dia ketika dihubungi wartawan, Kamis (29/9).

Dia mencontohkan, dampak yang muncul tersebut antara lain nelayan tradisional yang harus mengambil ikan lebih ke tengah laut. Dengan demikian, mereka membutuhkan bantuan jaring untuk menangkap ikan di perairan yang lebih dalam.

Begitu pula dengan proses mendapatkan bahan bakar yang selama ini sangat rumit dan mahal. Pemerintah diminta menyederhanakan proses mendapatkan bahan bakar subsidi tersebut dan pengembang membantu menyiapkan infrastrukturnya. “Misalnya pakai pom bensin duduk untuk bahan bakar,” ungkap Warnita.

Tak cuma itu, ia juga menyatakan sejumlah organisasi yang selama ini menolak reklamasi kurang melibatkan nelayan kebanyakan. Mereka sebagian besar beranggotakan nelayan pendatang yang memiliki motif dan kepentingan tertentu. Padahal, kata Warnita, ratusan nelayan yang biasa melaut justru tidak mempersoalkan proyek reklamasi.  

"LSM yang mengajak menolak proyek ini hanya punya janji-janji palsu. Menolak reklamasi juga tidak menjamin bahwa kehidupan nelayan akan membaik," katanya.

Justru dengan adanya pengembangan kawasan baru di Jakarta Utara ini para nelayan berharap anak-anak mereka bisa mendapatkan sumber kehidupan baru. Sebab, dengan pembangunan berbagai macam fasilitas dan aktivitas bisnis, kebutuhan tenaga kerja akan semakin besar.

JAKARTA - Para nelayan Muara Angke dan Kali Adem Jakarta Utara mendukung proyek pengembangan kawasan Jakarta Utara melalui pola reklamasi. Mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News